Mengenal Alang-alang dan Khasiatnya

Kategori Alang-alang
Di lihat 566 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
081 5665 3474

Alang-alangilalang atau lalang (Imperata cylindrica Raeusch.) ialah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Rumput ini juga dikenal dengan nama-nama daerah seperti alalang, halalang (BjnMin.), lalang (Mly.Md.Bl.), eurih(Sd.), rih (Bat.), jih (Gayo), re (Sas.Sumbawa), riikiiki (Flores), rie (Tanimbar), reya (Sulsel), eri, weri, weli (Ambon dan Seram),kusu-kusu (MenadoTernate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain.[6]

Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagaibladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai.

Alang-alang dapat berbiak dengan cepat, dengan benih-benihnya yang tersebar cepat bersama angin, atau melalui rimpangnya yang lekas menembus tanah yang gembur. Berlawanan dengan anggapan umum, alang-alang tidak suka tumbuh di tanah yang miskin, gersang atau berbatu-batu. Rumput ini senang dengan tanah-tanah yang cukup subur, banyak disinari matahari sampai agak teduh, dengan kondisi lembap atau kering. Di tanah-tanah yang becek atau terendam, atau yang senantiasa ternaungi, alang-alang pun tak mau tumbuh. Gulma ini dengan segera menguasai lahan bekas hutan yang rusak dan terbuka, bekas ladangsawah yang mengering, tepi jalan dan lain-lain. Di tempat-tempat semacam itu alang-alang dapat tumbuh dominan dan menutupi areal yang luas.

Sampai taraf tertentu, kebakaran vegetasi dapat merangsang pertumbuhan alang-alang.[6] Pucuk-pucuk ilalang yang tumbuh setelah kebakaran disukai oleh hewan-hewan pemakan rumput, sehingga lahan-lahan bekas terbakar semacam ini sering digunakan sebagai tempat untuk berburu.

Alang-alang menyebar alami mulai dari India hingga ke Asia timur, Asia TenggaraMikronesia dan Australia. Kini alang-alang juga ditemukan di Asia utara, EropaAfrikaAmerika dan di beberapa kepulauan. Namun karena sifatnya yang invasif tersebut, di banyak tempat alang-alang sering dianggap sebagai gulma yang sangat merepotkan.

[https://id.wikipedia.org/wiki/Alang-alang]

Khasiat Alang-alang Bagi Kesehatan

Meredakan panas dalam

Seperti yang Anda ketahui, akar alang-alang sering kali digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan obat untuk meredakan panas dalam. Selain  membeli obat dengan ekstrak alang-alang, Anda pun juga dapat membuatnya sendiri di rumah, caranya yaitu siapkan akar alang-alang secukupnya kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, keringkan di bawah sinar matahari ataupun dengan menggunakan oven. Jika sudah mengering Anda bisa menghaluskannya hingga menjadi bubuk. Seduh bubuk alang-alang tersebut dengan menambahkan madu ataupun gula sebagai perasa.

Mengobati mimisan

Pada umumnya, salah satu cara mengobati mimisan adalah dengan menggunakan daun sirih. Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkan akar alang-alang sebagai obat herbal untuk mengobati mimisan. Caranya, siapkan akar alang-alang yang masih segar kemudian bersihkan. Tumbuk akar alang-alang tersebut lalu peras untuk mendapatkan sarinya. Minum ramuan tersebut hingga teratur.

Mengobati kencing darah

Manfaat akar alang-alang selanjutnya adalah untuk mengobati kencing darah. Kencing darah adalah salah satu gangguan kesehatan  yang sangat menyiksa. Cara membuat ramuan untuk mengobati kencing darah adalah, ambil bebebrapa gram akar alang-alang, cuci bersih lalu potong kecil-kecil.  Setelah itu rebus akar tersebut dengan menggunakan 2 gelas air. Setelah mendidih, saring  untuk memisahkan air rebusan dan ampas. Minum air rebusan tersebut 2 kali dalam sehari.

Obat keputihan

Keputihan merupakan masalah wanita yang paling umum. Namun Anda jangan khawatir, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan jenis tanaman obat yang satu ini. Caranya pun hampir sama dengan lainnya, akan tetapi untuk mengobatai keputihan, Anda harus menambahkan bahan alami lainnya seperti daun pepaya dan pulasari. Rebus semuanya menjadi satu hingga mendidih. Kemudian saring dan minum 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

Mengobati penyakit ginjal

Berikutnya adalah dapat digunakan untuk mengatasi ginjal. Seperti yang kita ketahui, jika tidak segera diatasi penyakit ginjal dapat menyebabkan masalah serius serta dapat menyebabkan komplikasi lainnya. untuk mengatasi penyakit ini, caranya mudah yaitu siapkan akar alang-alang yang masih segar kemudian cuci hingga bersih dan rebus ke dalam 3 gelas air. Biarkan sampai mendidih hingga air rebusan tersisa 1 gelas. Minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

 

Melancarkan buang air kecil

Manfaat akar alang-alang berikutnya adalah dapat melancarkan buang air kecil. Meskipun terlihat sepele, akan tetapi susah buang air kecil juga dapat menyebabkan rasa sakit pada daerah kemaluan. Jika tidak segera diatasi tentu saja ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. selain menggunakan obat pemberian dokter, Anda juga dapat mencoba melakukan pengobatan tradisional, yaitu dengan menggunakan akar alang-alang caranya seduh akar alang-alang dengan gula batu, dinginkan lalu minum secara teratur.

 

Mengobati asma

Akar alang-alang juga merupakan salah satu obat asma tradisonal paling ampuh yang dapat Anda gunakan. Caranya pun sangat mudah, rebus 100 gram akar alang-alang, 50 gram kencur, 50 gram sirih dan seduh dengan menggunakan 200 ml air. rebus hingga tinggal setengah, saring lalu minum.

 

Mengatasi hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah penyakit pada peredaran darah yang sering dialami setiap orang. Penyebab utama dari hipertensi ini adalah karena adanya endapan lemak dan kolesterol yang menghambat aliran darah. Bagi Anda yang menderita penyakit ini jangan khawatir, konsumsilah sari alang-alang secara teratur. Zat baik yang ada di dalamnya sangat ampuh untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi.

 

Manfaat Bunga Alang-alang

Selain akarnya, bunga alang-alang juga sangat ampuh untuk mengatasi penyakit. Bunga alang-alang dapat meredakan gejala mimisan dan bantuk berdarah akibat menderita penyakit paru-paru. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan organ tubuh yang satu ini, cobalah menggunakan bunga alang-alang sebagai obat tradisional penyakit paru-paru. Caranya pun sangat mudah, yaitu:

Ambil beberapa bilir bunga lengkap dengan tangkainya, lalu haluskan bilir bunga dan tangkai alang-alang. Setelah halus, masukkan hasil gilingan tersebut ke dalam hidung untuk menyumbat mimisan. Untuk pengobatan dari dalam Anda bisa meminum rebusan akar alang-alang dan bunga alang-alang.

 

Demikianlah ulasan mengenai manfaat akar alang-alang untuk pengobatan dan kesehatan.

[http://disehat.com/manfaat-akar-alang-alang-untuk-pengobatan-dan-kesehatan/]

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
081 5665 3474