Mengenal Jahe Merah dan Khasiatnya

Kategori Jahe Merah
Di lihat 13 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunanizingiberi, dari Bahasa Sanskertasingaberi.

Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa. [https://id.wikipedia.org/wiki/Jahe]

Jahe adalah salah satu tanaman tradisional yang seringkali dipakai untuk pengobatan herbal. Dari berbagi macam jenis jahe yang ada, maka jahe merah adalah jahe yang palin dicari oleh banyak orang, sehingga jahe merah ini menjadi primadona dalam hal pengobatan herbal. Sejak zaman dahulu, jahe merah sudah dikonsumsi oleh masyarakat, baik sebagai obat atau hanya sebagai suplement tambahan saja.

Setelah diteliti lebih medalam ternyata manfaat jahe merah untuk kesehatan sangatlah banyak. Walau jahe merah ini terbilang sangat mungil, namun khasiat jahe merah ini sangat besar. Jahe merah ini memiliki kandungan minyak atsiri tertinggi apabila dibandingkan dengan kandungan jenis jahe yang lain. Sehingga selain berfungsi sebagai bumbu tambahan dalam setiap masakan, jahe merah juga memiliki fungsi sebagai obat.

Beberapa Manfaat Dan Khasiat Jahe merah

  1. Mengobati batuk

   Tidak hanya daun binahong saja yang bisa dibuat untuk di jadikan sebagai obat batuk tradisional, karena khasiat jahe merah juga telah dipercaya orang-orang sejak dulu sebagai salah satu obat batuk tradisional paling ampuh, Jika selama ini batuk melanda keluarga kita, jahe biasanya yang kita gunakan untuk mengobatinya namun kini anda bisa beralihlah dan mencoba jahe merah. caranya cukup mudah, tinggal keprek 2 ruas jahe merah kemudian seduh dengan air panas minum selagi masih hangat campurkan sedikit gula pasir untuk menambah nikmat rasanya.

2. Manfaat jahe merah untuk Meregenerasi sel.

   Jahe merah memiliki kandungan Zat farnesol yang berfungsi membantu meregenerasi sel sehingga tubuh selalu dalam keadaan prima. Jadi buat anda yang setiap hari disibukan oleh rutinitas kerja akan sangat baik jika anda rajin meminum wedang jahe merah ini.

3. Khasiat jahe merah untuk membantu mencegah penuaan dini.

   Selain untuk meregenarasi sel tanaman jahe merah juga mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit, sehingga dengan rajin mengkonsumsi tanaman ini dipercaya banyak orang sebagai obat untuk memperlambat proses penuaan dini. Tentunya hal tersebut sangat bagus dikonsumsi oleh para wanita yang ingin tampil selalu cantik dan juga awet muda.

4. Manfaat jahe merah untuk mengatasi ejakulasi dini.

  Tahuakah anda ternyata khasiat dari jahe merah sangat bermanfaat untuk pria yang mempunyai masalah dengan kemampuan diranjang. karena dengan mengkonsumsi tumbuhan ini anda dapat mengurangi resiko ejakulas1 dini atau bahkan dapat menyembuhkannya serta membantu ereks1 serta meningkatkan produksi keringat pada tubuh anda

5. Antioksidan.

   Jahe merah memiliki kandungan Zat clorogenic acid yang merupakan salah satu antioksidan yang sangat baik untuk tubuh kita yang mampu menangkal serangan radikal bebas. sehingga dengan rajin mengkonsumsi jahe merah kita dapat terhindar dari berbagai serangan virus penyakit yang berbahaya.

6. Khasiat jahe merah untuk mengobati rematik.

  Selain buah sirsak, ternyata jahe merah juga dipercaya banyak orang untuk mengobati sakit rematik. Penyakit remati dipucu oleh beberapa hal diataranya adalah perubahan hormon, faktor genetik atau bisa juga disebabkan oleh infeksi virus. secara ilmiah rematik sendiri disebut juga sebagai peradangan sendi kronis.
Cara mengobati rematik menggunakan jahe merah adalah dengan cara merebus jahe merah bersama dengan daun kumis kucing, temu lawak dan juga komfrey, kemudian minum air rebusan pagi hari dan sore hari.

Manfaat jahe merah untuk rematik, bisa anda dapatkan dengan ramuan sederhana berikut ini :  Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ramuan jahe merah adalah dengan menyiapkan beberapa bahan yaitu; 20 gram jahe merah yang masih segar, 20 gram temulawak, 20 gram cabai jawa, 30 gram kumis kucing, 30 gram daun komfrey, dan 4 gelas air minum.

7. Manfaat jahe merah sebagai obat stroke.

   Kolestrol jahat didalam tubuh kita yang tertimbun jika dibiarkan begitu saja maka lama kelamaan dapat menyumbat pembuluh darah yang akhirnya menganggu peredaran darah hal inilah yang memicu serangan stuke. Cara mengobati struke menggunakan jahe merah caranya cukup mudah, siapkan saja daun cermai, jahe merah, pule pandak dan daun mengkudu. masing- masing 30 gr lalu cuci bersih kemudian rebus dengan air sebanyak 5 gelas sisakan 2 gelas lalu saring dan dapat anda minum setiap pagi dan sore hari.

8. Khasiat jahe merah sebagai obat alami untuk mencegah Osteoporosis.

  Agar terhindar dari osteoporosis, silakan rebus daun kumis kucing 30gr, kapulaga 10gr, merica 15gr, kacang hijau 30gr kemudian rebus menggunakan 4 gelas air dan sisakan 2 gelas saja. Minum setiap pagi tambahkan madu jika akan diminum.

9. Manfaat jahe merah untuk mengatasi kemandulan.

  Zat arginine yang terdapat dalam jahe merah dipercaya dapat dapat mencegah k3mandulan, buat ibu- ibu yang susah mendapatkan keturunan bisa mulai mencoba mengkonsumsi tanaman ini.

[http://www.addeliya.com/2015/02/beberapa-manfaat-dan-khasiat-jahe-merah.html]

Cara membuatnya juga cukup mudah, anda hanya perlu mencuci hingga bersih semua bahan yang ada. Setelah itu anda iris dengan tipis, kemudian rebuslah sampai air rebusan itu hanya menyisakan sekiatr 2 gelas. Setekah selesai saringlah air rebusan jahe tersebut.

Akan lebih baik jika anda mengkonsumsi air rebusan jahe tadi secara rutin sebanyak 2x setiap hari di waktu pagi dan sore hari. Dalam sekali minum juga jangan terlalu banyak, cukup 1 gelas saja. Dan jika anda tidak tahan dengan rasa pahit dan pedas yang ia bawa, maka anda menambahkan madu sebanyak 2 sendok makan dan juga perasan jeruk nipis, agar minuman anda tersebut lebih segar. 

[http://herbalwiki.blogspot.co.id/2014/02/manfaat-jahe-merah-untuk-kesehatan.html]

Perhatian

Meski sijahe merah kaya akan manfaatnya namun sebaiknya buat anda yang memiliki masalah dengan kesehatan lambung sebaiknya (maag) jangan mencoba mengkonsumsi tanaman ini. Karena rasa pedas hangat pada jahe merah bisa mengakibatkan lambung kita menjadi perih dan juga wanita hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi tumbuhan ini karena dapat merusak janin dan beresiko menimbulkan cacat pada janin anda. Sebelum anda mengkonsumsi sesuatu sebaiknya cari tahu dulu kekurangan dan apa kelebihannya agar anda terhindar dari berbagai resiko yang mungkin saja terjadi.

 

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474
Customer service 1