Mengenal Keajaiban Propolis dan Manfaatnya

Kategori Propolis dan Bee Pollen
Di lihat 1196 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
081 5665 3474

Mengenal Propolis dan Manfaatnya 2 tokoikhtiar.com

Apa itu Propolis…?

        Propolis atau Lem Lebah adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Dikumpulkan oleh lebah untuk menutupi lubang kecil, hingga 6 milimeter, sementara untuk lubang yang lebih besar digunakan malam lebah. Warnanya tergantung sumber tumbuhannya, namun biasanya coklat tua. Propolis bersifat lengket pada suhu ruangan atau di atasnya (20 °C). Sementara jika lebih rendah, akan menjadi keras dan rapuh. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Propolis)

          Propolis adalah zat yang diekstrak dari resin yang dikumpulkan oleh lebah pekerja khusus yang tugasnya mencari resin dari daun yang baru tumbuh dan bagian kulit batang pohon tertentu. Oleh lebah pekerja di sarang resin tersebut dicampur sedikit dengan lilin lebah, Madu dan enzym sebelum akhirnya menjadi Propolis. Propolis gunanya untuk menambal sarang lebah yang bocor dan memperkuat sarang. Selain dari pada itu fungsi Propolis yang tidak kalah pentingnya bagi lebah adalah untuk membungkus (memumikkan) bangkai binatang yang masuk kesarang lebah agar tidak menyebarkan penyakit. Jadi Propolis dipakai oleh lebah secara alamiah untuk mensterilkan sarang, menghentikan pertumbuhan atau penyebaran bakteri, virus dan jamur.

          Belajar dari efektifitas (keampuhan) Propolis bagi lebah inilah, manusia modern kemudian ikut menggunakan Propolis dalam pengobatan khususnya untuk menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, virus dan jamur. Propolis mengandung ratusan bahan kimia dan para ilmuwan baru berhasil mengidentifikasi dan memberi nama sekitar 30-an dari bahan-bahan tersebut. Komposisi Propolis yang baru dipanen dari sarang lebah umumnya terdiri dari kurang lebih 50% resin, 30 % lilin lebah, 10 % essential oils, 5 % Pollen dan 5 % sisa-sisa tanaman.

        Karena kemampuannya untuk mensterilkan bakteri, jamur, dan virus, maka tak heran jika Propolis harganya cukup mahal, dan di Rusia hingga dijuluki “Rusian Panicilin”.

 

Kandungan Nutrisi Propolis

        Kandungan nutrisi propolis sangat lengkap. Prof Dr Mustofa MKes Apt, kepala Bagian Farmakologi dan Toksikologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada membuktikan propolis memiliki banyak khasiat karena kandungannya lebih dari 180 fitokimia. Beberapa di antaranya adalah flavonoid dan berbagai turunan asam orbanat, fitosterol, dan terpenoids. Zat-zat itu terbukti memiliki berbagai sifat antiinflamatori, antimikrobial, antihistamin, antimutagenik, dan antialergi. Flavonids bersifat antioksidan yang dapat mencegah infeksi serta turut menumbuhkan jaringan. Sumber : http://www.trubus-online.co.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=1&artid=2212)

 

Apa Manfaat Propolis dalam Pengobatan…?

Mengenal Propolis dan Manfaatnya 3 tokoikhtiar.com       Subhanalloh.., seluruh Propolis memiliki khasiat pengobatan yang sangat mirip satu sama lain. Khasiat tersebut adalah Propolis bersifat antiseptic, antibiotic, antifungal, anti-inflamatory, dan kemampuan detoksifikasi (membersihkan racun-racun dalam tubuh). Sungguh Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi kemampuan lebah-lebah tersebut dimanapun mereka berada untuk mampu mengumpulkan bahan-bahan kimia alami yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sarang lebah dan lebah-lebah yang tinggal di dalamnya.

        Propolis berasal dari bahasa Yunani : PRO = SEBELUM, POLIS = KOTA = Sistem Pertahanan Kota. Ia sanggup menyembuhkan Diabetes dan gangren, yang merupakan penyakit tidak bisa disembuhkan secara medis, bahkan tanpa suntik insulin dan amputasi. Penderita kanker stadium lanjut yang telah divonis tidak memliki harapan, juga bisa sembuh dengan propolis. Segala jenis penyakit maut lainnya seperti stroke, sakit jantung, batu ginjal, gagal ginjal, hepatitis, dan bahkan AIDS juga sanggup ia taklukkan.

        Tidaklah heran mengapa propolis bisa memberikan keajaiban sedemikian rupa adalah karena kandungan antioksidan 1 tetes propolis = antioksidan 500 buah jeruk. Disamping itu, propolis kaya akan asam amino, vitamin-vitamin, bioflavonoids.

       Alasan lain kenapa propolis disebut sebagai obat ajaib yang bisa menaklukkan 1001 penyakit :

  • Propolis sebagai pengobatan alami, mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Fungsi pengobatan meliputi hal-hal sebagai berikut :
  • Propolis sebagai antibiotik alami, antiviral dan sekaligus antifungal alami tanpa efek samping.
  • Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya: thypus, diare/muntaber dan sebagainya. Dapat juga untuk bau ketiak yang sangat mengganggu, karena di dalam lipatan ketiak terdapat bakteri atau jamur yang menyebabkan bau.
  • Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan virus, misalnya: demam berdarah, flu, TBC dan sebagainya.
  • Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan jamur, misalnya: eksim, panu, keputihan, ketombe dan sebagainya.
  • Propolis sebagai Anti peradangan (infeksi dan luka), misalnya: maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, luka baker dan sebagainya.
  • Propolis sebagai anti kanker dan mutagenesis sel, misalnya: kanker, tumor, mioma, kista dan sebagainya.
  • Propolis berfungsi untuk membersihkan pembulu darah dan detoksifikasi.
  • Propolis berfungsi sebagai pembuangan racun, misalnya: asam urat, kolesterol, trigliserin, darah tinggi, jantung, stroke, diabetes mellitus, dan sebagainya.
  • Propolis juga penyembuh ajaib bagi penyakit seperti ateriosklerosis atau pengapuran pembuluh darah oleh lemak, berbagai infeksi, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, penyakit syaraf, arthritis dan rematik.
  • Propolis sebagai penetral racun dalam tubuh dan sekaligus anti oksidan kuat.
  • Propolis meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Penelitian Ilmiah Para Ahli Tentang Propolis

        Kesaksian-kesaksian pengobatan dengan Propolis dan Penelitian-penelitian para ahli, mulai dari zaman sebelum masehi sampai zaman modern :

  • Di Yunani, Propolis telah dikenal sebagai pengobatan luka-luka dan berbagai penyakit yang tidak bisa disembuhkan.
  • Hippocrates (460-370 SM), sebagai Bapak Ilmu Kedokteran, mengunakan bee pollen dan propolis sebagai obat untuk memerangi berbagai penyakit.
  • Pada perang Boer (1888-1902) antara penduduk Afrika Selatan dan Inggris, propolis digunakan untuk menbersihkan luka dari infeksi dan menyembuhkan luka dengan cepat.
  • Gerardis 1579 (Histories of Plants) : “Propolis memiliki zat yang dapat menyembuhkan dengan cepat dan efektif digunakan pada zaman perang Boer sebagai penyembuh luka”.
  • Nicholas Culpeper (Complete Herbal) : “Propolis baik untuk panas serta pengobatan luka bakar”.
  • University of Columbia : “Propolis dapat membantu sistem kekebalan tubuh pada manusia dan juga sangat efektif melawan infeksi, serta merupakan suatu zat anti kanker”.
  • Dokter di Chechoslovakia mempergunakan propolis sebagai alat sterilisasi. Prof. Arnold Beckett : “Propolis adalah obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh virus, bakteri dan jamur”.
  • Dr. Jhon Grange. Dept. of Microbiology National Health : “Propolis dapat mengembangkan regenerasi jaringan penghubung tulang rawan”.
  • Phillipe Calder, Dept. Biokimia Oxford University : “Propolis sangat efektif untuk membasmi bakteri”.
  • David James (terapi ahli gizi) : “Propolis telah terbukti menyembuhkan pasien-pasien yang berpenyakit kronis dan berpenyakit mulut dengan cepat”.
  • Philip Wander seorang dokter gigi mempergunakan propolis untuk mengobati pasien sakit gigi, gusi dan penyakit mulut lainnya.
  • Dr. Franz K. Fieks (Austria) mempergunakan propolis untuk penyembuhan luka-luka borok, sembuh dalam 3 hari.
  • Team Riset Rusia : “Di dalam propolis terdapat zat Anti-Biotic alami dan anti-viral yang tidak mempunyai efek samping, Vitamin, Asam Amino, Mineral serta sangat mujarab untuk penyakit infeksi perut, mulut, tenggorokan (Ensiklopedia Utama)”.
  • Dr. Peter Mansfield : “Menggunakan propolis untuk penyembuhan demam, panas dan flu”.
  • Mitza Vosnjak (mantan Menlu Yugoslavia) : “Memberikan propolis untuk temannya yang menderita kanker dan sembuh dalam waktu 1 bulan”.
  • Dr. Fang Chu (Workers Hospital Lienyukang – RRC): “Pasien yang mengidap penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah dan berpenyakit jantung dapat disembuhkan dengan propolis (Kandungan lemak menurun)”.
  • Institute of Radiology Sarajevo : “Propolis dipergunakan untuk mengobati pasien berpenyakit kanker akibat radiasi”.
  • V.P.Kivalkina (Majalah Antibiotics) : “Propolis adalah sangat efektif untuk infeksi dan tanpa kadaluarsa”.
  •  Hasil pengujian Propolis di Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPT) Universitas Gadjah Mada – Yogyakarta, menemukan : Propolis kaya alkaloid, flavonoid, polifenol, saponin, tanin, dan kuersetin, yang semuanya bersifat antioksidan”.
  • Dr. Woro Pratiwi MKes., Sp.PD, dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (Fakultas Kedokteran UGM) :Propolis yang diberikan selama 1 bulan memiliki efek anti kanker dalam organisme hidup”.
  • Laboratorium Pengujian dan Penelitian Terpadu (LPT) UGM, produk propolis yang diteliti dapat menghambat sel kanker HeLa (sel kanker serviks), Siha (sel kanker uterus), serta T47D dan MCF7 (sel kanker payudara) dengan nilai IC50 berkisar 20 – 41 µg/ml. Artinya, propolis dosis 20 – 41 µg/ml dapat menghambat aktivitas 50% sel kanker dalam kultur.
  • University of Minnesota, Minneapolis, Amerika Serikatv: Propolis berpotensi meningkatkan kekebalan tubuh para penderita HIV/AIDS. Tim peneliti menduga zat antiviral yang terkandung dalam propolis menghambat masuknya virus ke dalam CD4+ limfosit”.
  • Dr. Eko Budi Koendhori Mkes., dari Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) : “Membuktikan lem lebah itu membantu menekan kerusakan jaringan paru pada mencit yang diinfeksi Mycobacterium tuberculosis – bakteri penyebab penyakit tuberculosis (TBC)”.
  • Prof. dr. Mustofa MKes., Apt. dari Bagian Farmakologi & Toksikologi FK UGM. Penelitian tim FK UGM menunjukkan sediaan propolis yang diuji mampu mencegah penurunan trombosit pada mencit yang diinfeksi Plasmodium berghei salah satu parasit penyebab malaria pada mamalia selain manusia. Dosis optimal 5 ml/kg bobot badan juga mampu meningkatkan jumlah eritrosit hingga 37% setelah 8 hari pemberian.
  • Dr. Jessie Pamudji di Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung membuktikan efek antibakteri propolis terhadap S. aureusdan Propionibacterium acnes – biang jerawat.
  • Prof. Hembing Wijaya kusuma : “Propolis sangat baik untuk kesehatan kulit dan berkhasiat luar biasa”.
  • Majalah antibiotik VP Kivalkina :Propolis sangat efektif untuk infeksi tanpa batas kadaluarsa”.
  • Dan masih banyak lagi penelitian lainnya.

(Sumber : https://sites.google.com/site/keajaibanpropolis/artikel dan dari sumber lainnya)

 

 

5 Alasan Mengapa Propolis Dijadikan Obat..?

             Penelitian-penelitian lain di berbagai negara tidak henti-hentinya menemukan bukti baru atas efektifitas Propolis sebagai obat untuk berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan masuknya bahan kimia berbahaya kedalam tubuh (keracunan). Ada lima alasan mengapa Propolis dapat menjadi obat :

1. Lebih dari 180 phytochemicals, ada di dalam Propolis antara lain flavonids, berbagai turunan asam orbanic, phytosterols, terpenoids, dll. Zat-zat ini terbukti memiliki berbagai sifat anti-inflamatory, antimicrobial, antihistimanine, antimutagenic dan anti allergenic.

2. Flavonids yang ada dalam Propolis, selain bersifat antioxidant yang mencegah infeksi, juga menumbuhkan jaringan. Kandungan pimia Propolis yang meningkatkan tumbuhnya jaringan tersebut antara lain adalah sebagai akibat dari sifat tissue strengthening dan regenerative effect dari quercetin, kaemferol, epigenin dan luteolin.

 3. Aktifitas antibiotic dari phytochemicals, yang ada di dalam Propolis antara lain disebabkan oleh berbagai turunan asam organic seperti: cinnamic, ferrulic, benzoic, caffeic, coumaric, terpenes dan turunan-tuirunn berikutnya, seperti: limonene, p-cymene, eugenol, galangin dan quercetin.

 4. Sifat antifungal yang ada di Propolis, yang dihasilkan oleh phytochemicals, seperti: flavonoids pinocembrin, quercetin, sakauranetin, dll.

 5. Sifat anti virus Propolis yang berasal dari turunan-turunan asam organic, seperti: Caffeic Acid Phenethyl Ester (CAPE).

 

Detoxifikasi Propolis

        Umumnya obat herbal, Propolis juga bisa menimbulkan efek detoxifikasi. Proses Detoxifikasi bukan merupakan efek samping, melainkan reaksi positif proses bekerjanya herbal atau Propolis. Dan biasanya proses Detoxifikasi hanya bersifat sementara. Ketika tubuh sehat, biasanya tidak merasakan proses Detox.

        Propolis mempunyai reaksi dengan kecepatan yang luar biasa pada proses penyembuhan. Reaksi Propolis untuk penyakit tertentu, kadang dapat dirasakan hanya dalam hitungan menit. Namun reaksi tersebut kadang-kadang menyebabkan rasa yang kurang nyaman pada tubuh, jika hal tersebut muncul dan merasa kurang nyaman, sebaiknya dosis aturan minum Propolis diturunkan terlebih dahulu, mulailah dengan dosis 3 tetes propolis 3x sehari, dan setiap hari dinaikan hingga mencapai 7-10 tetes Propolis 3x sehari.

        Detoksifikasi pengunaan Propolis yang biasanya kadang timbul pada pengobatan tertentu bisa dilihat pada daftar di bawah ini. Detoksifikasi merupakan hal yang umum pada proses pengobatan herbal :

Tabel Detoksifikasi Propolis

(Secara Umum)

Detoksifikasi setelah konsumsi Propolis

Permasalahan / penyakit / indikasi

Bersin dan gatal pada hidung Permasalahan pada hidung, polip atau sinusitis
Wajah terasa panas, tekanan darah naik sesaat, demam, pusing Permasalahan pada system sirkulasi darah, darah tingi
Kulit kaki terasa tebal dan dingin, sebagian badan terasa dingin, jantung berdebar Tekanan darah rendah, kurang darah
Susah buang air besar, mencret, berak berlendir, berak berdarah Radang pada usus besar, gangguan pada usus, hemoroid
Mual, sering buang air besar, muntah Obesitas, gangguan pada lambung, proses penyembuhan gangguan pencernaan.
Bengkak, gatal Alergi
Muncul kotoran pada mata, gatal, keluar air mata Gangguan pada mata
Mimpi buruk, gelisah, susah tidur Gangguan pada system syaraf dan kepala
Lelah, susah tidur, sakit pada sendi Gangguan pada persendian, proses penyembuhan rheumatik
Pegal-pegal Proses pembuangan racun dan pembersihan zat-zat dalam pembuluh darah
Kejang-kejang Proses penyembuhan peradangan ginjal.
Bèsèr Proses pembuangan racun lewat air senih
Kulit mengeras, muncul jerawat Permasalahan pada kulit
Rasa sakit pada punggung, sakit didada Permasalahan pada jantung
Mual, letih, keringat dingin Permasalahan pada perut
Keletihan, ngantuk Permasalahan pada hati
Bengkak kaki, skt pinggang, susah buang air kecil Permasalahan ginjal
Batuk, kedinginan, sakit kerongkongan, demam proses pengeluaran racun lewat dahak dan perbaikan fungsi paru-paru, permasalahan pada paru-paru, asma
Demam, susah tidur, terdapat pembengkakan, ada pendarahan, tinja berwarna hitam Tumor, cancer, proses pengikatan virus dan bakteri atau indikasi bahwa di dalam tubuh teralu banyak virus dan bakteri.
Ngantuk, diare, gula darah naik, selera makan turun Permasalahan Hati, limpa, pankreas, proses penyembuhan fungsi hati dan detoksifikasi tubuh.
Haus, keringat berbau, kenaikan kadar gula sesaat. Gangguan pada pancreas, diabetes

 

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Mengenal Propolisdan Manfaatnya 4

Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMengenal Bee Pollen dan Manfaatnya
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMengenal Propolis dan Manfaatnya
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
base
Rp 130.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDIAMOND PROPOLIS NEW ZEALAND PREMIUM REAKSI CEPAT
Harga Rp 130.000
Lihat Detail »
Rp 200.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPROCUMIN HABBATUS SAUDA PROPOLIS SOFTCAPS
Harga Rp 200.000
Lihat Detail »
base
Rp 46.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHABBAT’S HABASYI PLUS PEGAGAN & BEE POLLEN
Harga Rp 46.000
Lihat Detail »

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
081 5665 3474