Mengenal Kumis Kucing dan Khasiatnya

Kategori Kumis Kucing
Di lihat 72 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474

Orthosiphon aristatus atau dikenal dengan nama kumis kucing termasuk tanaman dari famili Lamiaceae/Labiatae[1]. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit.[2]

Kumis kucing (Melayu – Sumatra), kumis kucing (Sunda), remujung (Jawa), se-salaseyan, songkot koceng (Madura).

Kumis kucing termasuk terna tegak, pada bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya dan tingginya mencapai 2 meter.[2] Batangbersegi empat agak beralur berbulu pendek atau gundul.[2] Helai daun berbentuk bundar atau lojong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya,[2]ukuran daun panjang 1 – 10 cm dan lebarnya 7.5mm – 1.5 cm. urat daun sepanjang pinggir berbulu tipis atau gundul, dimana kedua permukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang jumlahnya sangat banyak, panjang tangkai daun 7 – 29 cm. Ciri khas tanaman ada pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Bunga bibir, mahkota yang bersifat terminal yakni berupa tandan yang keluar dari ujung cabang dengan panjang 7–29 cm, dengan ukuran panjang 13 – 27mm, di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek berwarna ungu dan kemudian menjadi putih, panjang tabung 10 – 18mm, panjang bibir 4.5 – 10mm, helai bunga tumpul, bundar. Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berwarna coklat gelap, panjang 1.75 – 2mm. 2.3. gagang berbulu pendek dan jarang, panjang 1 mm sampai 6 mm.[2]

 

 

Sejarah Tanaman Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.

[https://id.wikipedia.org/wiki/Kumis_kucing]

Kandungan Kumis Kucing

Bagian tanaman kumis kucing  yang paling banyak digunakan sebagai obat herbal adalah daun nya, hal ini dikarenakan terdapat beberapa kandungan senyawa penting di dalamnya. Kandungan pada daun kumis kucing terbilang sangat kompleks. Terdapat beberapa senyawa penting yang sangat berkhasiat bagi tubuh seperti orthosiphonin glikosida, minyak atsiri, saponin, garam kalium, zat samak, minyak lemak, sapofonin, mioinositol, dan sinensetin.

Khasiat Kumis Kucing untuk Kesehatan

  1. Memperlancar buang air kecil

Manfaat daun kumis kucing yang paling terkenal adalah untuk memperlancar proses buang air kecil. Jika anda merasa sulit buang air kecil, hal itu diakibatkan terjadinya infeksi. Infeksi saluran ini dapat terjadi karena adanya bakteri Escherishia coli yang biasanya hidup pada kotoran dan usus manusia.

Untuk membuat obat ini, anda perlu menyiapkan 25 gr daun kumis kucing segar. Rebus daun menggunakan dua gelas air putih selama 15 menit. Anda dapat meminum ramuan tersebut pada pagi dan sore hari masing-masing ½ gelas.

  1. Mengobati rematik

Penyebab rematik dapat dikarenakan beberapa faktor, termasuk faktor genetik, infeksi akibat virus, atau dikarenakan perubahan hormon. Daun kumis kucing dapat digunakan untuk mengobati rematik. Anda hanya perlu menyiapkan 5 helai daun kumis kucing, daun meniran, dan 3 gelas air kemudian rebus semua bahan. Setelah dingin, minum ramuan obat tersebut tiga kali sehari masing masing ½ gelas.

  1. Mengobati batuk

Batuk merupakan penyakit umum yang sering diderita manusia. Penyebab batuk biasanya dikarenakan debu, alergi, kuma, ataupun sesuatu yang merangsang selaput lendir.

Banyak sekali obat yang ditawarkan untuk mengobati penyakit batuk ini, salah satu nya adalah daun kumis kucing.  Siapkan 15-20 gr daun kumis kucing yang masih segar dengan 1 gelas air. Setelah daun dicuci bersih, rebus daun kumis kucing dengan air.  Anda dapat meminumnya selama tiga kali sehari masing masing sebanyak 1 gelas.

  1. Mengatasi masuk angin 

Masuk angin biasanya disebabkan oleh penurunan kondisi tubuh akibat kelelahan, kurang tidur, terlambat makan, bahkan karena cuaca panas yang ekstrim.

Daun kumis kucing dapat mengatasi masalah masuk angin pada anda. Anda hanya perlu meminum air rebusan daun kumis kucing. Siapkan daun kumis kucing dan segelas air. Rebus daun dan air hingga tersisa kira-kira ½ gelas saja dan minum air rebusan setelah dingin.

  1. Mengobati asam urat

Asam urat biasanya menyerang bagian persendian, penyakit ini terjadi dikarenakan adanya konsumsi zat purin yang berlebihan dalam tubuh. Namun anda dapat mengatasinya dengan menggunakan daun kumis kucing. Rebus 4-5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran yang masih segar dengan segelas air putih sisakan hingga tinggal ½ gelas saja. Anda dapat meminum air rebusan tersebut 3 kali sehari.

PENELITIAN YANG MEMBUKTIKAN MANFAAT KUMIS KUCING :

Berdasarkan penelitian Agus Tri Cahyono, Fakultas Farmasi UGM pada tahun 1990, diketahui bahwa pengaruh infus daun kumis kucing

terhadap kelarutan kalsium batu ginjal secara in vitro 0.5%, 7.5% dan 10% dinyatakan bahwa kadar kalsium batu ginjal yang terlarut adalah lebih baik.3)

Dari hasil penelitian Ninuk Kus Dasa Asiafri Harini, Jurusan Biologi FMIPA UNAIR pada tahun 1989 membandingkan efek diuretik daun kumis kucing muda dan tua. Untuk efek diuretik disarankan menggunakan daun kumis kucing muda karena mempunyai awal kerja yang cepat dan masa keja yang relatif singkat.3)

Muangmun W, Mahidol University, Bangkok pada tahun 1984 melakukan penelitian terhadap 23 pasien penderita batu kandung kemih yang diberi ekstrak air daun kumis kucing. Hasilnya 40% pasien mengalami penurunan ukuran batu kandung kemih sebesar 0.5 cm dan 20% merasakan hilangnya sakit.

Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan tidak diragukan lagi bahwa kumis kucing dapat membantu peluruhan batu pada ginjal.

Rewrite By : Reski Amriati Syarif, S.Farm, Apt

CARA PENGGUNAAN SECARA TRADISONAL :

  1. Air panas sejumlah 150 ml dituang bersama 2-3 gram kumis kucing kemudian setelah 15 menit disaring. Dapat juga dibuat dengan air dingin dan dibiarkan tertutup selama beberapa jam, secangkir kumis kucing ini diminum 2-3 kali sehari pada waktu makan.2)
  2. Cuci 90 gram kumis kucing, lalu rebus dalam 1 liter air. Biarkan mendidih sampai airnya tersisa 750 cc. Setelah dingin minum 3 kali sehari, masing-masing 1/3 bagian. Lakukan setiap hari sampai sembuh.3)

[https://fitokimiaumi.wordpress.com/2011/02/23/kumis-kucing-peluruh-batu-ginjal/]

Rp 40.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKAPSUL KUMIS KUCING Herbal Indo Utama
Harga Rp 40.000
Lihat Detail »

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474
Customer service 1