Mengenal Kunir atau Kunyit Putih dan Khasiatnya

Kategori Kunir Putih
Di lihat 298 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
081 5665 3474

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia,IndonesiaAustralia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jaheanZingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia) dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng(Sunda), konyet (Madura).

Manfaat Kunyit Putih

Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai, dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau sebagai pengawet.[2] Produk farmasi berbahan baku kunyit, mampu bersaing dengan berbagai obat paten, misalnya untuk peradangan sendi (arthritisrheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenakpiroksikam, dan fenil butasondengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul.

Produk bahan jadi dari ekstrak kunyit berupa suplemen makanan dalam bentuk kapsul (Vitamin-plus) pasar dan industrinya sudah berkembang. Suplemen makanan dibuat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin ELesitinAmprotabMg-stearatNepagin dan Kolidon 90.

Kandungan Kunyit Putih

Kunyit indonesia mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% danbisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpenturmerontumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Kunyit Putih Sebagai Obat

Umbi (rimpang) yang berumur lebih dari satu tahun dapat dipakai sebagai obat, umbi (rimpang) kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung , merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, selain dari itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan.

Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendirmulut. Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga diminum sebagai ekstrak atau digunakan sebagaisalep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya.[2]

Kunyit dapat menyembuhkan bagian tubuh yang bengkak maupun terkilir. Kunyit bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa hal yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada beberapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar, penggunaan kunyit adalah sangat efektif, yaitu dengan meminum segelas jus kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.

Cara sederhana adalah :

  1. Ambil segenggam kunyit, lalu kupas
  2. Parut atau jus dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya)
  3. Didihkan 2-3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian)
  4. Tambahkan garam sedikit (seujung sendok)
  5. Saring dan peras
  6. Tuangkan perasan jeruk nipis (1 – 3 biji, sesuai selera)
  7. Tambahkan gula atau madu
  8. Minum (lebih baik dalam keadaan hangat)

Ramuan di atas juga sangat efektif untuk menyembuhkan flu/demam pada ibu-ibu yang hamil (tidak perlu dilakukan setiap hari, biasanya 1-2 hari sudah bisa sembuh), sehingga terhindar dari penggunaan obat-obatan kimia yang bisa berbahaya terhadap janin yang dikandungnya. Bila dikonsumsi oleh para ibu hamil, dipercaya bayi yang lahir akan bersih dari lemak-lemak yang seringkali menempel/menutupi seluruh badan bayi.

Penggunaan kunyit instant, sebaiknya tidak dilakukan untuk pengobatan (khususnya untuk ibu-ibu hamil), karena ada kandungan-kandungan lain yang mungkin bisa berbahaya bagi kandungan terutama obat pengawet dan pewarna.

Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi untuk pengobatan hepatitisantioksidan, gangguan pencernaan, anti mikroba, antikolesterol, anti HIV, anti tumor (menginduksi apostosis), menghambat perkembangan sel tumor payudara, menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar, anti invasi, anti rheumatoid arthritis (rematik).Diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan; Haid tidak lancar, Perut mulas saat haid, Memperlancar ASI; Amandel, Berak lendir, Morbili, Cangkrang (Waterproken).

Kunyit mempunyai prospek yang cerah pada sektor industri hilir dalam berbagai bentuk seperti ekstrak, minyak, pati, makanan/minuman, kosmetika, produk farmasi dan IKOT/IOT.

[https://id.wikipedia.org/wiki/Kunyit]

Kunyit Putih Obati Kanker

Pengobatan herbal untuk kanker sendiri telah dibuktikan oleh Eko Wahjuni. Wahjuni adalah seorang dokter yang menderita kanker di payudara, ovarium, paru-paru, usus halus, hingga kandung kemih. Ia cukup mengonsumsi kunyit putih atau kunir putih untuk mematikan kanker dalam tubuhnya.

Wahjuni menjelaskan, kunyit putih mengandung zat ribosome inactivating protein (RIP). Di dalam tubuh, zat ini akan menempel ke dalam sel tubuh yang kurang normal. Zat ini kemudian membuat sel tersebut tak lagi berkembang biak. Sel pun memiliki batasan umur sehingga setelah lama tidak berkembang biak, sel kanker tersebut akan mati.

“Kunir putih tidak membunuh, tapi membuat sel kanker mandul atau tidak berkembang,” jelas Wahjuni saat ditemui di Rumah Sakit Siloam, TB Simatupang, Sabtu (6/9/2014).

Wahjuni mengenal tumbuhan ini turun temurun dari nenek moyangnya. Khasiat kunyit putih yang ia temui ini kemudian diteliti lebih lanjut oleh sejumlah dosen kedokteran di Universitas Gajah Mada (UGM).

Untuk konsumsi kunyit putih sebagai obat, yaitu dengan mengambil ekstraknya yang kemudian dimasukkan ke dalam kapsul. Setelah itu kapsul diminum sesuai dosis yang resepnya bisa diberikan oleh Wahjuni. Dosis yang diberikan akan sesuai dengan diagnosa kanker yang diderita dan pengobatan yang telah dilakukan.

“Tapi semua itu hak prerogatif, keluarga bagaimana, apakah mendukung atau tidak dengan pengobatan ini,” jelas Wahjuni.

Selain itu, tak sembarang tanaman kunyit putih yang digunakan. Kunyit putih untuk obat kanker ini harus ditanam dengan bebas peptisida. Kunyit putih dalam bentuk kapsul pun dibuat tanpa bahan pengawet dan monosodium glutamat.

Khasiat kunyit putih ini juga telah dibuktikan oleh Betty Sitorus yang pernah menderita kanker payudara. Setelah sembuh total dari kanker, ia tak perlu lagi mengosumsi kunyit putih. Hanya saja, harus tetap menjaga pola makan yang sehat. Selain kunyit putih, ada beberapa tumbuhan lain yang berkhasiat mengobati kanker, yaitu mahkota dewa, mengkudu, dan daun sirsak. Wahjuni meyakini Tuhan telah menciptakan tumbuhan dengan manfaat di dalamnya. “Saya percaya, sebaik-baiknya bubuk buatan manusia, lebih baik buatan tuhan,” kata dia.

[http://lifestyle.kompas.com/read/2014/09/07/094438423/Khasiat.Kunyit.Putih.yang.Bisa.Sembuhkan.Kanker]

Efek Samping Kunyit Putih

Meskipun kunyit putih merupakan tanaman herbal yang telah banyak dikonsumsi, namun setidaknya ada beberapa efek samping terhadap penggunaanya seperti berikut :

  • Kunyit putih bisa didapatkan dengan berbagai bentuk baik cairan atau kapsul. Terlalu banyak mengkonsumsi kunyit dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah putih dan sel darah merah. hal ini jika terjadi secara terus-menerus dapat merusak sel darah merah seperti anemia.(Baca : Manfaat Jambu Biji Untuk Anemia, Manfaat Telur Untuk Anemia)
  • Salah satu kemungkinan saat mengkonsumsi kunyit putih adalah penurunan gula darah. Namun hal ini harus diwaspadai karena jika dikonsumsi secara berlebihan, gula dalam bisa turun drastis. Kondisi ini bisa terjadi, yang dinamakan hypoglycemia atau kondisi tubuh kekurangan gula darah.
  • Selain sebagai pengobatan tanaman herbal sering digunakan untuk perawatan kecantikan, begitu pula dengan kunyit putih. Namun kunyit putih sedikit berbahaya bagi yang memiliki kulit sensitif karena penggunaan pada kulit secara terus-menerus dapat mengiritasi kulit.
  • Meskipun kunyit putif sering dijadikan pengobatan alternatif, namun dapat menurunkan keefektifan obat medis jika digunakan secara bersamaan. Sehingga butuh pengawasan dokter jika ingin mengkonsumsinya.
  • Bagi ibu hamil dan menyusui juga perlu menghindari penggunaan kunyit putih secara langsung (dimakan). Karena kandungan zat dalam kunyit putih tersebut dapat membahayakan janin hingga menyebabkan keguguran dan juga gangguan usu besar.

[http://manfaat.co.id/manfaat-kunyit-putih]

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
081 5665 3474