Mengenal Kurma / Sari Kurma dan Manfaatnya

Kategori Kurma dan Sari Kurma
Di lihat 1690 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474

Mengenal Kurma dan Manfaatnya         Buah Kurma (Arab = تمر/ Tamr ; nama latin = Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

        Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006). Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkanluaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

        Buah kurma banyak mengandung zat-zat gizi yang berguna bagi tubuh, antara lain: glukosa dan fruktosa, sebagai sumber energi yang mudah dibakar oleh tubuh, sehingga sangat baik untuk menjaga stamina tubuh. Oleh karena sari kurma sangat baik bagi orang yang sedang beraktivitas tinggi. Juga telah nyata dirasakan khasiat dan manfaatnya bagi orang yang sedang berbuka puasa, sebagai pemulih tenaga / energi yang hilang.

 

Apa itu Sari Kurma…?

        Sari Kurma merupakan ekstrak buah kurma, terbuat dari sari-sari buah Kurma impor pilihan yang kemudian diolah atau diproses secara modern, tanpa menggunakan bahan kimia dan pengawet. Sehingga teksturnya sangat lembut dan rasanya enak. Sari kurma telah banyak diteliti oleh para ahli, karena kandungan dan khasiatnya yang telah terbukti secara klinis dan medis, kini sari Kurma banyak diburu orang untuk dijadikan suplemen dan sarana terapi pengobatan. Sari Kurma merupakan suplemen yang cocok untuk segala umur.

         Sari Kurma juga mengandung zat-zat anti oksidan, seperti: flavonoid dan flavones, yang berguna untuk menghambat terbentuknya radikal bebas bagi tubuh, dan mencegah penuaan dini. Juga mengandung mineral-mineral kadar tinggi, seperti: kalium dan kalsium, yang berguna  untuk mengganti elektroid yang hilang dalam tubuh. Buah kurma adalah satu-satunya buah yang mengandung kalium yang sangat tinggi (di atas 300 ppm), dan tidak didapatkan pada buah lain. Di dalam sari kurma juga terdapat kandungan kalsium dan magnesium, 2 mineral tersebut sangat penting untuk mencegah terjadinya Osteophorosis.

 

Mengapa Islam Menganjurkan Umatnya untuk Berbuka Dengan Kurma…?

         Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إذا أفطر أحدكم فليفطر على تمر فإنه بركة فإن لم يجد تمراً فالماء فإنه طهور

“Jika salah seorang diantara kalian hendak berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma,

sebab ia berkah. Jika tidak ada kurma, maka dengan air, sebab ia bersih dan suci”. (HR. at-Tirmidzi)

 

Hikmah dan Rahasia Dibalik Anjuran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam Berbuka Dengan Kurma

Mengenal Kurma dan Manfaatnya 3           Jika kita berbuka puasa, organ pencernaan kita (khususnya lambung) butuh sesuatu yang lembut dan halus, agar dapat bekerja lagi dengan baik. Jadi makanannya harus yang mudah dicerna dan juga mengandung gula dan air dalam satu makanan. Tidak ada makanan yang mengandung gula dan air yang lebih baik daripada yang disebutkan oleh hadits NabiJ di atas. Nutrisi makanan yang paling cepat bisa dicerna dan sampai ke darah itu adalah zat gula, terlebih makanan yang mengandung zat gula tunggal atau ganda (glukosa dan sukrosa). Karena zat gula dapat diserap oleh tubuh dengan mudah hanya dalam beberapa menit saja.

            Maka dari itu Kurma menjadi pilihan makanan yang paling baik saat berbuka puasa. Kurma mengandung zat gula yang tinggi yaitu antara 75-87% dan glukosanya sebanyak 55%, fructose (fraktosa) 45% lebih tinggi dari jumlah protein, minyak dan beberapa vitamin (seperti vitamin A, B2, B12), dan sejumlah zat penting lain, seperti : kalsium, phosphor, potassium, sulfur, sodium, magnesium, cobalt, seng (zinc), florin, nuhas (tembaga), salyolosa, dan sebagainya. Fraktosa akan diubah menjadi glukosa dengan cepat dan langsung diserap oleh organ pencernaan, kemudian dikirim ke seluruh tubuh, khususnya ke organ-organ inti, seperti: otak, syaraf, sel darah merah, dan sel pembersih tulang.

           Seperti yang kita ketahui bersama, di ujung puasa kita setiap harinya, glukosa dan insulin dalam darah yang datang ke katup hati akan bergetar. Artinya proses buka puasa kita bakal meminimalisir pemakaian glukosa yang diambil dari organ hati dan sel-sel ujung (seperti otot-otot dan sel syaraf), jadi sesuatu yang bisa menghilangkan setiap zat yang terkandung dalam gelokogen hati. Saat-saat seperti ini, organ-organ sangat bergantung untuk mendapatkan energi dari CO2 (karbondioksida) kimiawi dan oksida glukosa yang terbentuk dalam hati dari asam amino dan gleserol.

  Mengenal Kurma dan Manfaatnya 4          Jadi, melentur dan memanjangnya organ penyerap makanan jadi sangat berarti. Maksudnya, penyerapan glukosa yang cepat di dalam katup pembuluh darah vena di hati akan masuk ke dalam organ hati untuk pertama kalinya, kemudian masuk ke sel otak, organ pencernaan, otot-otot, dan seluruh jaringan tubuh yang lain. Makanya, zat gula itu makanan terbaik buat tubuh karena bisa menghentikan oksidasi karbon kimiawi, memangkas zat-zat berbahaya dalam tubuh, dan bisa meminimalisir lemahnya serta gemetarnya organ pencernaan.

            Dr. Hisyam Syamsi Basya dalam tulisannya, beliau menjelaskan berdasarkan penelitian biokimia, satu kurma yang kita makan itu mengandung air 20-24%, gula 70-75%, 2-3% protein, 8,5% serat, dab sedikit sekali kandungan lemak jenuhnya (lecithine). Lain lagi dengan kurma mengkel (atau Ruthab) yang mengandung 65-70% air, 24-58% zat gula, 1,2-2% protein, 2,5% serat, dan sedikit mengandung lemak jenuh. Dr. Ahmad Abdul Ra’ouf dan dr. Ali Ahmad Syahhat pernah melakukan penelitian kimiawi dan fisiologi terhadap kurma, hasilnya…??? Menakjubkan! Coba lihat :

1. Jika kita buka puasa dengan kurma ruthab (kurma yang mengkel, yang masih segar, dan juga matang di pohon) atau tamr (kurma matang kering yang banyak terdapat di Indonesia), persentase kandungan zat gula kita akan naik, artinya bisa membantu mengilangkan penyakit anemia (kurang darah).

2. Waktu lambung kosong karena tidak makan seharian, ketika berbuka, lambung akan lebih gampang mencerna dan menyerap makanan kecil yang mengandung gula, malah lebih cepat dan maksimal.

3. Kandungan zat gula dalam ruthab dan tamr (tentunya dalam bentuk kimia sederhana) menjadikan proses pencernaan di lambung jadi sangat mudah, soalnya 2/3 zat gula yang ada dalam tamr dan ruthab bisa meningkatkan kadar gula dalam darah dalam waktu yang singkat.

4. Selain itu, kita juga tidak perlu minum banyak-banyak lagi sewaktu berbuka jika kita makan ruthab atau tamar, karena sudah mengandung air 65-70%.

 

Diantara Keutamaan Kurma di dalam Islam

             Buah kurma adalah makanan/buah yang sangat baik dan terkenal banyak manfaatnya, buah Kurma sejak zaman para Nabi banyak dimanfaatkan dan diandalkan sebagai pengobatan. Di dalam al-Qur’an, Kurma disebutkan sebanyak 24 kali, antara lain di dalam surat Maryam ayat 25-26, yaitu ketika Maryam akan melahirkan putranya yang mulia Nabiyulloh ‘Isa ‘alaihis salam. Alloh memerintahkan beliau untuk menggoyangkan pohon Kurma yang menjadi sandarannya, kemudian beliau diperintahkan untuk memakan buah Kurma yang jatuh di dekatnya. Maka sejak saat itu, buah Kurma menjadi makanan terbaik dan obat yang sangat mujarab terkhusus bagi ibu hamil dan pasca melahirkan, dari generasi ke generasi. ‘Abdulloh bin ‘Umar meriwayatkan hadits dari Rosululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Ada jenis pohon yang berkahnya seperti berkah seorang muslim…, yaitu pohon kurma”.

        Allah Subhanahu wa Ta’ala telah melebihkan kurma dari buah-buahan yang lain, Alloh Subhanahu wa Ta’ala  menyebutnya di 20 tempat yang berbeda di dalam Al-Qur’an dengan memakai lafadz pohon kurma : an – Nakhl, an-Nakhiil atau an-Nakhlah. Anda dapat mempelajari sendiri di dalam Al-Qur’an di surat : Ar-Rahman: 11, Al-Qaf:10, Yaasiin: 67, Ar-Ra’du: 4, Maryam: 25-26, dalam menjelaskan ayat ini Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya :

“Tiada sesuatu yang lebih baik dari perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah”.

         Lihat pula dalam Maryam : 23, Al-Baqarah : 266, Al-An’am : 99, Al-An’am : 141, An-Nahl : 11, An-Nahl : 67, Al-Isra’ : 91, Al-Kahfi : 32, At-Taha : 71, Al-Mu’minun : 19, Yaasiin : 34, Qamar : 20, Ar-Rahman : 68, Al-Haaqah : 7 dan ‘Abasa : 29.

 

Peran Kurma pada Wanita Hamil, Melahirkan, Nifas, dan Menyusui

        Kurma mengandung hormon yang mirip dengan hormone Oksitosin (hormone yang dihasilkan Neurohipofisa, yang bekerja untuk merangsang kontraksi otot polos dinding rahim selama coitus/senggama dan melahirkan) yang membantu proses kelahiran. Dengan cara hormone Oksitosin tersebut menyatu dengan reseptornya, kemudian secara bertahap memulai kontraksi otot yang teratur, sehingga menyebabkan perluasan leher rahim, dari situlah akan terjadi proses kelahiran.

        Setelah persalinan, hormone oksitosin juga bermanfaat untuk mengeringkan rahim dan meningkatkan kontraksi otot-ototnya yang terajut satu sama lain seperti jaring. Serat oto-otot yang terjaring tersebut berkontraksi sedemikian rupa, sehingga menyempitkan celah-celah rajutan tersebut yang diantara matanya terdapat kantong darah lembut dan mengalirkan darh, hal ini yang menjadi sebab terhentinya pendarahan secara bertahap. Serat-serat pembuluh darah vena yang berada di sekitar saluran ASI di payudara juga mengalami kontraksi, sehinggga menjadikan derasnya ASI ketika saluran-salauran ini beserta air susu yang dikandungnya mengalami kontraksi. Dari situlah terjadi proses penyusuan anak secara sempurna.

 

Mengapa Islam Menganjurkan Bayi di-tahnik (diloloh) dengan Kurma?

           Dari Abu Musa radhiallohu ’anhu berkata : “Seorang bayi lahir, akupun membawanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menamainya Ibrohim dan mentahnik (melolohkan di atas langit-langit mulut bayi) dengan sebutir Kurma, memohonkan berkah baginya, kemudian menyerahkan padaku”. [HR. Muslim No.3997].

            Pada buah Kurma terkandung unsur-unsur vital yang dapat melindungi bayi dari penyakit dan menguatkan daya tahan tubuhnya yang telah diberikan Alloh. Buah Kurma bi idznillah (dengan izin Alloh) berperan sebagai vaksin yang kan melindungi sepanjang hidupnya. Air liur kedua orang tuanya juga akan mengikat hati bayi dengan cinta mereka dan mengalirkan baginya fitrah yang suci, sehingga bayi insya Alloh akan tumbuh dengan baik dan bersih. Bayi akan selalu merasakan manisnya iman, sebagaimana manisnya Kurma yang bercampur dengan air liur orang tuanya.

Cara mentahnik bayi yang diajarkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,

lihat / klik pada artikel berikut :

“INILAH CARA, RAHASIA MEDIS DAN MANFAAT TAHNIK BAYI : 

Mengunyahkan lumatan kurma ke langit-langit mulut bayi yang baru lahir”

 

Khasiat Sari Kurma

          Kurma mengandung Glukosa, Fruktosa, Vitamin B1, Besi, Kalsium, Asam Folat, Oxitosin, Protein, Asam Amino (Asam Palmitas, Kapric, Linoeat, Laurat, Pelargonat, Myrstat), Mangan, Kalium, Kalsium, Sulfur, Flavones, Flavonoid, Polyphenol, Lutein, Malat, dan Pectin, sehingga bermanfaat untuk :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh (immune system)
  • Meningkatkan stamina dan kebugaran
  • Membantu proses pemulihan Demam Berdarah Dangue (DBD) & Tifus
  • Meningkatkan kadar Hemoglobin dan Trombosit
  • Sangat baik untuk ibu hamil, melahirkan dan menyusui
  • Meningkatkan stamina dan vitalitas tubuh
  • Mencegah penyakit hati (lever)
  • Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi dan serangan penyakit
  • Membantu pertumbuhan anak dan balita
  • Membantu mengatasi sembelit
  • Meningkatkan nafsu makan & gizi untuk anak
  • Mencegah stroke
  • Mengatasi Anemia (kekurangan darah)
  • Menormalkan tekanan darah
  • Menahan lapar
  • Mencegah pendarahan
  • Melancarkan & meningkatkan kualitas ASI

Kandungan nutrisi tiap 125 gram kurma murni :

Mineral calcium ……………. 52 mg

Iron ………………………… 1,2 mg

Magnesium ………………… 50 mg

Phosporus ……………..….. 60 mg

Potassium ………………… 667 mg

Sodium …………………….. 13 mg

Chloride ………………….. 271 mg

Sulphur …………..……… 14,7 mg

Manganese ………….…… 4,9 mg

Copper ………………….… 2,4 mg

Zinc ………………………… 1,2 mg

Cobalt ……………………… 1,9 mg

 

Vitamin

Vitamin A …………………… 50 IU

vitamin B1 …………………. 93 mg

Riboflamin (B2) ………..… 144 mg

Biotin ………………….……. 4,4 ug

Folic acid …………………… 54 ug

Niacin …………………………. 2 mg

Ascorbatic acid ………….… 6,1 mg

Energy ………………….… 323 kcal

Protein …………….……..… 2,35 gr

Fat ………………………….… 0,4 gr

 

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

 

JENIS-JENIS KURMA

Mengenal Kurma dan Manfaatnya 5

2

3

4

Rp 435.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBUAH KURMA AJWA / KURMA NABI ASLI
Harga Rp 435.000
Lihat Detail »
Rp 30.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSARI KURMA JADIED PROPOLIS
Harga Rp 30.000
Lihat Detail »
Rp 26.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSARI KURMA KAROMAH VICOMAS Extra KURMA AJWA
Harga Rp 26.000
Lihat Detail »
Rp 40.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSARI KURMA AJIB
Harga Rp 40.000
Lihat Detail »
base
Rp 50.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSARI KURMA TAMR NATURLITE
Harga Rp 50.000
Lihat Detail »
Rp 40.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSARI KURMA AROBI
Harga Rp 40.000
Lihat Detail »
Rp 50.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSARI KURMA MADINAH AL-QUBA Plus PROPOLIS
Harga Rp 50.000
Lihat Detail »
Rp 35.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSARI KURMA MEDEENA
Harga Rp 35.000
Lihat Detail »

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474
Customer service 1