Mengenal Penyakit Flu atau Influenza

Kategori Masuk Angin dan Influensa
Di lihat 1033 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
081 5665 3474

Apa itu Flu atau Influenza..?

        Influenza merupakan sebuah penyakit infeksi saluran nafas yang bisa menyerang semua manusia tanpa mengenal usia. Umumnya penyakit ini bisa sembuh sendiri, dan biasanya masa inkubasi selama 2 hari, tetapi ada juga yang mencapai 4 hari.

         Penyakit ini disebabkan virus tipe A dan sering disebut human influenza. Penyakit yang disebabkan virus influenza tipe A bukan hanya human influenza, melainkan juga penyakit flu lain yang saat ini mewabah di berbagai Negara, seperti avian flu atau flu burung, Hong Kong flu, Asian flu, Spanish flu, Russian flu dan juga swine flu atau flu babi. Virus influenza merupakan virus bersampul dan termasuk golongan Orthomyxoviridae. Karakteristik virus ini memiliki glikoprotein di permukaannya, yaitu hemoglutinin (HA) dan neuraminidase (NA).

        HA berperan terhadap penempatan virus pada sel manusia dan sebagai mediator untuk rekasi bersatunya sampul virus serta membran sel. Persatuan ini membuat kemampuan akses virus ke bagian dalam sel meningkat.

        Sedangkan NA berperan terhadap penetrasi virus ke dalam sel manusia. 1. Flu yang Mematikan Ada dua jenis flu yang sangat heboh sekali di Indonesia bahkan sudah menelan korban jiwa dan kematian. Yaitu flu burung (avian flu) dan flu babi (swine flu).

         Flu babi memang belum menelan korban jiwa di Indonesia, tetapi dinegara asalnya Meksiko, flu ini sudah menyebabkan kematian puluhan jiwa. Jadi tidak ada salahnya jika mulai sekarang kita pun menjaga tubuh ini supaya tidak terjangkit virus-virus mematikan ini.

 

Cara Menghindari Flu

1. Mencuci tangan setiap akan makan atau minum, dan setelah bersentuhan dengan unggas atau binatang ternak.

2. Menjaga kesehatan / kondisi badan dengan cukup tidur, olahraga, minum air dalam jumlah yang cukup, makan makanan yang bergizi khususnya yang tinggi kandungan proteinnya (seperti : telur, susu, daging), dan pintarlah mengendalikan stress.

3. Belajarlah peka terhadap ketahanan tubuh

4. Kurangi rokok dan alkohol

5. Hindari kontak dengan penderita flu

6. Bersihkan liang hidung setiap pulang bepergian

7. Jangan menutup bersin atau batuk dengan tangan

8. Jangan menyentuh muka. Virus masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, maupun mulut

9. Rajinlah mandi sauna

10. Berkumur-kumurlah dan tidur cukup

11. Hiruplah udara segar

12. Konsumsi makanan yang mengandung phytochemical. Phytochemical adalah bahan kimia alami yang terdapat dalam tumbuh – tumbuhan dan berperan memberikan vitamin pada makanan

13. Konsumsi yogurt. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi yogurt rendah lemak setiap hari dapat mengurangi risiko 25 % terserang flu.

14. Relaksasi atau santai

15. Tidurlah dengan cukup dan jangan begadang

16. Pekalah terhadap perubahan dalam tubuh sekecil apapun itu

 

Tips Cara Mengatasi Flu pada Anak-anak

        Nama lain flu adalah influenza, common cold, batuk pilek, atau kadang, masuk angin. Biasanya penularan terjadi saat penderita awal terbatuk, bersin, dan terlontar melalui kontak tangan. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang jenisnya sangat banyak, tetapi gejalanya mirip. Diterangkan oleh dr Suririnah, dalam bukunya yang berjudul Buku Pintar Merawat Bayi 0-12 Bulan, mengatakan, gejala flu antara lain; batuk, pilek, bersin, nafsu makan menurun, nyeri bila menelan makanan, dan demam (biasanya tak lebih dari 38.5 derajat Celsius).

       Flu sebenarnya bukan penyakit berbahaya, karena jarang menimbulkan komplikasi, meski disertai demam tinggi sekalipun. Namun, meski tidak berbahaya, bayi dan anak yang terkena flu akan cukup terganggu. Umumnya, anak jadi sulit tidur, tak mau makan, dan rewel. Perlu diwaspadai pula, jika kondisi daya tahan tubuh anak menurun, bisa terjadi komplikasi; pneumonia, bronkitis, infeksi telinga, sinus, atau hingga infeksi telinga tengah

   Dr. Suririnah berbagi tips bagaimana menangani flu pada anak :

–  Pastikan si anak mendapat istirahat dan cairan yang cukup. Beri ASI atau susu sesering mungkin, atau makanan padat (jika sudah mulai), seperti sup dan buah-buahan untuk tambahan cairan.

–  Untuk bayi yang kurang dari 6 bulan, bantu bayi mengeluarkan ingus dengan alat penyedot ingus yang banyak di pasarran.

–  Bantu ia mengeringkan lendir di daerah kepala dengan meletakkan selimut yang dilipat di antara kasur dan ranjangnya di bagian kepala, agar posisi kepala lebih tinggi.

–  Perlu diketahui, bahwa penyebab flu adalah virus, dan tidak akan bereaksi dengan antibiotika. Dokter baru akan memberi antibiotika jika sudah terjadi komplikasi infeksi bakteri, seperti radang paru-paru atau infeksi telinga.

–  Periksa suhu tubuh bayi dengan termometer khusus untuk memastikan suhunya tetap dalam kondisi yang baik.

        Bayi baru lahir sering bersin untuk mengeluarkan sisa lendir dan sebagai reaksi tubuh untuk membersihkan jalan napas yang teriritasi. Keadaan ini normal, dan bukan tanda-tanda flu. Namun, jika Anda merasa ada keraguan, sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter anak kepercayaan Anda.

 

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

 

Mengenal Penyakit Flu atau Influenza tokoikhtiar.com

Rp 49.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangINSTAN HABBAT’S CAFÉ KOPI ARAB [Habbatussauda Rasa Kopi Creamer]
Harga Rp 49.000
Lihat Detail »
Rp 65.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBODINAFIT
Harga Rp 65.000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMengenal Penyakit Masuk Angin (Catching Cold)
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
081 5665 3474