Mengenal Penyakit Ginjal dan Batu Ginjal

Kategori Ginjal dan Cuci Darah
Di lihat 921 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
081 5665 3474

PENYAKIT GINJAL, WASPADAI TANDA-TANDANYA

 

Apa itu Ginjal ?

        Ginjal adalah sepasang organ kembar terletak sebelah menyebelah menyebelah tulagn belakang bawah sedikit kepada rangka tulnag rusuk. Ianya menjalankan fungsi terpenting seperti berikut :

 1) membersihkan bahan dan cecair berlebihan dari dalan darah

 2) menapis darah, menyimpan setengah-setengah kompaun dan membuangkan yang lain

 3) menolong memperbetulkan tekanan darah, menentukan bilangan sel darah dan kesihatan tulang-tulang

 

Apakah yang Akan Terjadi Apabila Ginjal Musnah ?

        Badan tidak berupaya menolak keluar air secukupnya, garam dan lain-lain bahan. Jumlah air di dalam badan bertambah dan tisu-tisu membengkak (OEDEMA). Persebatian cecair dalam badan berubah dengan pesat sehingga menjadikan ia begitu Abnormal dan kematian akan berlaku kecuali jika pengubatan secara “dialisis dijalankan”.

 

Apakah Penyakit-penyakit Ginjal ?

       Penyakit ginjal tidak hanya satu jenis. Bahkan terdapat Berbagai-bagai penyakit yang berbeda mengikut kompenan ginjal yang terlibat. Penyakit ginjal termasuk :

 1. infeksi saluran kencing

 2. saluran kencing tersenkat, misalnya batu dalan ginjal, cysts dan lain-lain

 3. tekanan darah tinggi (hypertension)

 4. Glomerulonephritis

 5. Nephrosis

 6. Lain-lain, misalnya kencing manis, kerosakan akibat kimia toksik tertentu seperti dadah dan lain-lain.

 

Kenali Tanda-Tanda Penyakit Ginjal

        Tanda-tanda penyakit ginjal sering tanpa keluhan sama sekali, bahkan tak sedikit penderita mengalami penurunan fungsi ginjal hingga 90 persen tanpa didahului keluhan. Oleh karena itu, pasien sebaiknya waspada jika mengalami gejala-gejala seperti, tekanan darah tinggi, perubahan jumlah kencing, ada darah dalam air kencing, bengkak pada kaki dan pergelangan kaki, rasa lemah serta sulit tidur, sakit kepala, sesak, dan merasa mual dan muntah.

       Penyakit ginjal memang bukan penyakit menular, setiap orang dapat terkena penyakit ginjal, namun mereka yang memiliki faktor risiko tinggi seperti mereka yang memiliki riwayat darah tinggi di keluarga, diabetes, penyakit jantung, serta ada anggota keluarga yang dinyatakan dokter sakit ginjal sebaiknya melakukan pemeriksaan dini.

       Ada beberapa jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mengetahui kesehatan ginjal, salah satunya yang paling umum adalah pemeriksaan urin. Jika ada kandungan protein atau darah dalam air kencing tersebut, maka menunjukkan kelainan dari ginjal.

       Atau bisa juga melakukan pemeriksaan darah guna mengukur kadar kreatinin dan urea dalam darah. Jika kadar kedua zat itu meningkat, menunjukan gejala kelainan ginjal. Sementara pemeriksaan tahap lanjut untuk mengenali kelainan ginjal berupa pemeriksaan radiologis dan biopsi ginjal. Biasanya pemeriksaan ini atas indikasi tertentu dan sesuai saran dokter.

 

Langkah Pencegahan Penyakit Ginjal

       Gangguan ginjal bisa dicegah dengan berbagai cara, terutama dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berhenti merokok, memperhatikan kadar kolesterol, kendalikan berat badan, menghindari kekurangan cairan dengan cukup minum air putih tidak lebih dari 2 liter setiap hari. “Minum air secara berlebihan justru akan merusak ginjal,” kata Dr.David Manuputty, SpBU dari RSCM Jakarta.

       Selain gaya hidup sehat, lakukan pemeriksaan kesehatan tahunan pada dokter, mintalah pula agar urin Anda diperiksa untuk melihat adanya darah atau protein dalam urin. Yang tak kalah penting, berhati-hatilah dalam menggunakan obat anti nyeri khususnya jenis obat anti inflamasi non steroid.

 

 

 

BATU GINJAL

Apa itu Batu Ginjal?

        Batu ginjal adalah batu yang terbentuk dari berbagai macam proses kimia di dalam tubuh manusia dan terletak di dalam ginjal serta saluran kemih manusia lainnya seperti ureter.Batu pada ginjal dan ureter dapat menyebabkan nyeri yang bersifat kolik.Nyeri kolik ginjal akibat batu sering tidak dapat tertahankan oleh pasien dan rasa sakit sering digambarkan lebih buruk dari pada rasa sakit pada saat melahirkan,patah tulang,luka tembak ,luka bakar atau operasi,sehingga pasien dengan nyeri kolik ginjal akan segera meminta pertolongan medis di unit gawat darurat rumah sakit.Manajemen awal terhadap kolik ginjal terdiri dari diagnosa yang tepat,pengobatan awal yang cepat dan konsultasi yang tepat kepada dokter dan ahli yang berpengalaman serta upaya secara bersamaan harus diarahkan pada pendidikan pasien,termasuk langkah-langkah awal terapi pencegahan.

 

Bagaimana Batu Ginjal dan Saluran Kemih Bisa Terbentuk?

        Batu ginjal dan saluran kemih,kemungkinan besar disebabkan oleh dua fenomena :

1.  Fenomena pertama adalah urin yang bersifat jenuh dan garam-garam pembentuk batu diantaranya kalsium oksalat dan asam urat.Pembentukan batu ginjal dan saluran kemih melibatkan Hyaluronan (HA).Kristal pada ginjal mengikat HA dan menyebabkan retensi kistal di tubulus ginjal dan pembentukan plak kalsifikasi di interstitial ginjal.Pembentukan kristal di ginjal adalah normal dan tidak berbahaya asalkan diekskresikan melalui urin.

2.  Garam-garam yang sulit larut dalam urin seperti kalsium oksalat dan kalsium fosfat menyebabkan urin menjadi jenuh yang menyebabkan terbentuknya kristal.Kristal yang tidak dapat diekskresikan melalui urin akan mengendap di dalam ginjal bersama-sama dengan bahan-bahan organik yang lain dan mengikat sel-sel di dalam ginjal sehingga dapat terbentuk batu ginjal.Batu-batu kecil (≤ 5 mm) sering sembuh tanpa tindakan medis,tetapi batu yang lebih besar (≥ 10 mm) biasanya memerlukan tindakan medis lebih lanjut oleh dokter dan tenaga ahli yang berpengalaman.

 

Bagaimana Gejala Nyeri Kolik Akibat Batu Ginjal dan Saluran Kemih?

        Rasa nyeri akibat batu ginjal dan saluran kemih pada umumnya bersifat nyeri kolik dimulai pada bagian tengah dari bagian belakang tubuh kita .Rasa nyeri yang dihasilkan oleh batu ginjal dan saluran kemih disebabkan oleh pelebaran,peregangan dan kejang otot dari ginjal dan saluran kemih yang disebabkan oleh obstruksi/sumbatan pada saluran ginjal dan saluran kemih. Pada ureter ,peningkatan gerak peristaltik dan kejang otot dapat berkontribusi dalam timbulnya nyeri akibat batu.

         Peradangan lokal,iritasi dan edema yang disebabkan oleh adanya batu di lokasi obstruksi/sumbatan juga berkontribusi dalam timbulnya nyeri kolik melalui aktivasi reseptor kimia dan peregangan submukosa ginjal dan saluran kemih.Nyeri kolik tergantung pada ambang nyeri individu dan persepsi dan pada kecepatan dan derajat perubahan dalam tekanan hidrostatik dalam ureter proksimal dan renal pelvis .Gerakan peristaltik dari saluran kemih dan saluran ginjal serta migrasi dari batu dapat menyebabkan perubahan posisi dari batu sehingga dapat menimbulkan kambuhnya nyeri kolik dan perubahan posisi dari nyeri kolik.

        Tingkat keparahan nyeri tergantung pada derajat dan lokasi obstruksi /sumbatan ,bukan pada ukuran batu.Pembengkakan dalam struktur ginjal menyebabkan peregangan kapsul ginjal,memperbesar ukuran ginjal dan meningkatkan permeabilitas kapiler ginjal.Dalam 24 jam setelah obstruksi ureter lengkap,tekanan hidrostatis ginjal menurun karena pengurangan peristaltik ureter ,penurunan aliran pembuluh darah arteri ginjal,yang menyebabkan penurunan produksi urin yang sesuai pada sisi yang terkena dan penimbunan cairan serta pembengkakan  jaringan ginjal. (Sumber : http://pharos.co.id/news-a-media/beritakesehatan/479-batu-ginjal.html)

 

Pantangan Penderita Batu Ginjal

         Penyakit Batu ginjal kebanyakan terserang karna makanan yang Anda konsumsi oleh karna itu cegah pembentukan batu ginjal sedini mungkin. Berikut ini beberapa pantangan makanan penderita bantu ginjal :

  1. Perbanyak minum air putih

       Air adalah diet paling penting untuk mencegah batu ginjal, karena komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil. Penderita batu ginjal disarankan untuk buang air kecil sekitar 2,5 liter dalam sehari, sehingga harus minum lebih banyak dari jumlah tersebut. Jika cuaca panas atau sedang banyak aktivitas, konsumsi air harus diperbanyak supaya lebih sering buang air kecil.

  1. Batasi kalsium

       Biasanya tubuh tidak akan menyerap kalsium melebihi yang dibutuhkan. Namun pada kondisi tertentu misalnya hipercalciuria, kelebihan kalsium dibuang melalui ginjal dalam bentuk air kencing. Penderita batu ginjal disarankan untuk membatasi asupan kalsium maksimal 800 mg/hari untuk pria dan 1.200 mg/hari untuk wanita.

        Kalsium banyak terdapat pada sayuran hijau, susu dan berbagai produk olahan berbahan susu. Kalsium pada susu lebih mudah diserap usus dibandingkan pada sayuran hijau.

  1. Batasi oksalat

        Bersama kalsium, oksalat (asam yg mengandung satuan COO2) dapat membentuk kristal penyebab batu ginjal. Oleh karena itu, penderita batu ginjal disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari sama sekali makanan yang banyak mengandung oksalat. Di antaranya adalah bayam, strawberry, cokelat, gandum, biji-bijian dan teh. Penderita batu ginjal disarankan untuk membatasi konsumsi oksalat tidak lebih dari 50 mg/hari.

  1. Batasi garam dan protein nabati

        Membatasi konsumsi garam natrium dapat mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan lewat ginjal. Oleh karena itu jika yang terbentuk adalah batu kalsium, maka konsumsi garam natrium sebaiknya dibatasi antara 2.500-3.500 mg/hari. Sementara protein hewani bisa memicu beberapa jenis mineral di urine untuk membentuk batu ginjal. Karena itu penderita batu ginjal harus menggantikannya dengan protein nabati.

  1. Perbanyak serat tidak larut

       Ada 2 jenis serat yakni serat yang larut dan serat yang tak larut, masing-masing memiliki fungsi yang sama penting di dalam tubuh. Tetapi dalam hal ini, serat tak larut yang terdapat pada gandum, padi dan terigu bisa mengurangi kadar kalsium dalam urine. Serat tersebut mengikat kalsium ketika berada di usus, sehingga tidak dikeluarkan melalui ginjal.

  1. Batasi konsumsi vitamin C

       Salah satu hasil metabolisme vitamin C adalah oksalat. Karena oksalat bisa membentuk kristal, maka penderita batu ginjal harus membatasi asupan vitamin C.

 

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

base
Rp 55.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHIU BANTUGIN HERBAL BATU GINJAL Herbal Indo Utama
Harga Rp 55.000
Lihat Detail »
Rp 100.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCUCI DARAH
Harga Rp 100.000
Lihat Detail »
Rp 50.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPECAH BATU
Harga Rp 50.000
Lihat Detail »
Rp 90.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangGINSAKRO
Harga Rp 90.000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKapan Penderita Gagal Ginjal Harus Cuci Darah..?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
081 5665 3474