Mengenal Sambung Nyawa dan Khasiatnya

Kategori Sambung Nyawa
Di lihat 12 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474

Daun Sambung Nyawa atau Sambung Nyawa atau Sambung Nyowo atau Akar Sebiak yang nama Latinnya adalah Gynura procumbensialah salah satu jenis tanaman asli indonesia yang sudah lama dipakai oleh masyarakat untuk mengobati berbagai penyakit. Sambung Nyawa banyak terdapat di Pulau Jawa dan Sumatera, sebagian tumbuh liar di pulau Bali.

Daun berbentuk helaian daun, bentuk bulat telur, bulat telur memanjang, bulat memanjang, ukuran panjang 3,5 – 12,5 cm, lebar 1- 5,5 cm, ujung tumpul, runcing, meruncing pendek, pangkal membulat atau rompang. Tepi daun rata, bergelombang atau agak bergigi. Tangkai daun 0,5 cm sampai 1,5 cm. Permukaan daun kedua sisi gundul atau berambut halus. Daun mempunyai susunan dan fragmen yang sesuai dengan sifat anatomi keluarga tumbuhan bunga matahari (Asteraccae = Compositae).

Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) Sub Kelas: Asteridae Ordo: Asterales Famili: Asteraceae Genus: Gynura Spesies: Gynura procumbens

Kandungan Kimia Sambung Nyawa

Daun tanaman sambung nyawa mengandung senyawa flavonoid, sterol tak jenuh, triterpen, polifenol dan minyak atsiri. Hasil penelitian lain melaporkan bahwa tumbuhan ini mengandung senyawa flavonoid, tanin, saponin, steroid, triterpenoid, asam klorogenat, asam kafeat, asam vanilat, asam para kumarat, asam p-hidroksi benzoat, asparaginase. Sedangkan hasil analisis kualitatif dengan metode kromatografi lapis tipis yang dilakukan mendeteksi adanya sterol, triterpen, senyawa fenolik, polifenol, dan minyak atsiri. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa dalam fraksi polar etanol daun tanaman sambung nyawa terdapat tiga flavonoid golongan flavon dan flavonol. (Nurwahyunani. 2006)

Berdasarkan dari sekian banyaknya zat yang terkandung dalam sambung nyawa hanya flavonoid yang efektif dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Flavonoid merupakan antioksidan karena dapat menangkap radikal bebas dengan membebaskan atom hydrogen dari gugus hidroksilnya (Kandaswami & Middleton,2007), dikatakan juga bahwa flavonoid dapat bertindak menghalangi reaksi oksidasi kolesterol jahat ( LDL ) yang menyebabkan darah mengental yang dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah.

[http://niluhsriyutisarko.blogspot.co.id/2011/10/efek-air-perasan-daun-sambung-nyawa.html]

Kegunaan Di Masyarakat

Biasanya daun sambung nyawa dikonsumsi hanya sebagai lalapan yang dimakan sebagai hidangan pelengkap. Namun kini sudah bisa dikonsumsi secaara praktis dalam bentuk kapsul.

Batang tanaman Sambung nyawa sering digunakan untuk menurunkan demam. Sambung nyawa juga digunakan dalam upaya penyembuhan penyakit ginjal, disentri, infeksi kerongkongan, di samping itu digunakan pada upaya menghentikan perdarahan, mengatasi tidak datang haid dan gigitan binatang berbisa.

Daun sambung nyawa bersifat anti neoplastik, menurunkan tekanan darah. Sambung nyawa juga digunakan dalam upaya penyembuhan penyakit ginjal, disentri, infeksi kerongkongan, disamping itu digunakan pada upay menghentikan pendarahan.

Umbi untuk menghilangkan bekuan darah (haematom), pembengkakan, patah tulang, dan perdarahan setelah melahirkan.

Untuk mengatasi gigitan ular / serangga digunakan daun dan umbi tumbuhan Sambung nyawa 1 batang, kunyit sebesar telur ayam 1 biji. Kunyit dikupas, dicuci kemudian ditumbuk bersama bahan lain hingga lembut. Tempelkan pada luka dan dibalut dengan air bersih.

Untuk mengatasi muntah darah / perdarahan rahim digunakan pohon Sambung nyawa dan umbinya 1 batang, kunyit 1 jari, kayu secang (tua) yang telah diserut 1/4 genggam. Kunyit dikupas, diiris tipis, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan air 2 gelas hingga tinggal 1 1/2 gelas. Angkat dan saring, diminum 2 kali sehari ½ gelas.

Untuk penyembuhan bisul digunakan daun Sambung nyawa segar 8 gram dicuci, ditumbuk sampai lumat. Kemudian ditempelkan pada bisul.

[https://id.wikipedia.org/wiki/Sambung_nyawa]

Khasiat Sambung Nyawa

Beberapa fakta menarik lainnya tentang hasil riset untuk membuktikan manfaat daun Sambung Nyawa diantaranya adalah :

– Sebuah studi yang dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak alkohol dari daun Sambung nyawa mampu mengurangi tingkat kolesterol darah dan trigliserida yang tinggi. Sementara penelitian lain yang dilakukan oleh sekelompok peneliti Korea melaporkan bahwa ramuan ini memiliki sifat anti-hipertensi.

– Menurut Plant Resources of South East Asia (PROSEA), tanaman ini juga digunakan oleh masyarakat di benua Afrika, dimana daun direbus dan digunakan sebagai obat luar untuk meringankan nyeri tubuh secara umum termasuk mengobati nyeri rematik. Manfaat daun Sambung Nyawa kering yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak untuk digunakan sebagai tapal bisa mengobati keluhan penyakit kulit.

Berikut cara penggunaan daun Sambung Nyawa untuk penyembuhan beberapa penyakit :

  1. Kencing manis

Ambil 7 helai daun Sambung Nyawa dari pohonnya. Cuci bersih dan bilas menggunakan air masak. Anda bisa langsung menyantapnya untuk lalapan sebagai teman makan nasi. Kerjakan kebiasaan ini sehari dua kali.

  1. Hipertensi

Sediakan 7 helai daun Sambung Nyawa yang baru dipetik. Bersihkan dengan mencucinya dan makan sebagai sayur lalap. Boleh juga dimasak tumis atau dikukus beberapa saat sebelum dinikmati. Bila anda mau boleh juga dibuat jus

  1. Sinusitis

Manfaat daun Sambung Nyawa ini didapat dengan menyediakan 4 helai daun Sambung Nyawa bila untuk anak-anak dan 7 helai bila untuk dewasa. Penggunaannya pun sama yaitu dibuat lalapan atau dibuat jus. Konsumsi sehari sekali.

 

 

Rp 45.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKAPSUL SAMBUNG NYOWO Herbal Indo Utama
Harga Rp 45.000
Lihat Detail »
base
Rp 65.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangJAMU MADU HERBAL SAMBUNG NYOWO
Harga Rp 65.000
Lihat Detail »

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474
Customer service 1