Mengenal Tempuyung dan Khasiatnya

Kategori Tempuyung
Di lihat 15 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474

Tempuyung yang mempunyai nama Latin ”Sonchus Arvensis” merupakan salah satu tanaman obat yang berkhasiat.[1]Selain nama Latin, tempuyung juga memilki nama daerah seperti lobak air, lempung jombang, galibug, lampenas, dan rayana.[1] Tanaman ini sering kita temukan di sekitar kita karena dapat tumbuh di antara puing-puing bangunan, tembok, ataupun pinggir jalan.[1]

Tempuyung termasuk dalam suku Asteraceae yang tumbuh di ketinggian 50-1.600m dpl dan sangat cocok berada dilingkungan yang memiliki curah hujan merata sepanjang tahun atau daerah dengan musim kemarau pendek.[1] Sebagai tanaman liar, tempuyung dapat juga dibudidayakan di dalam pekarangan.[1]

Tanaman ini tergolong dalam tumbuhan tak berkayu atau terna dan menyukai tempat yang langsung terkena sinar matahariserta mudah berkembang biak dengan biji yang terbawa oleh angin.[2] Adapun tumbuhan ini mengandung kaliumflafonoid,taraksasterolinositol, dan yang lain.[3]

[https://id.wikipedia.org/wiki/Daun_Tempuyung]

Kandungan Tempuyung

Daun tempuyung mengandung manitol, flavonoid, P-laktuserol, oc-laktuserol, inositol, kumarin, taraksasterol, asam fenolat, serta ion-ion mineral.

Khasiat Temputung untuk Pengobatan Batu Ginjal

Salah satu khasiat daun tempuyung yang paling dipercayai ialah sebagai obat batu ginjal. Penelitian secara in vitro pernah dilakukan oleh Prof. Dr. Sarjito. Beliau merendam batu ginjaldari tubuh manusia dalam air rebusan daun tempuyung pada suhu 37 derajat celcius. Sebagian dari rendaman batu tersebut digerak-gerakkan menyerupai gerakan dalam tubuh manusia. Sedangkan yang sebagian lagi tidak digerak-gerakkan.

Sesudahnya batu ginjalditimbang dan kandungan kalsiumnya diukur secara kimiawi. Hasil pengukurannya memuaskan karena memang batu ginjal yang digerakkan maupun yang tidak sama-sama mengalami pengurangan bobot.

Diduga zat yang berperan dalam peluruhan batu ginjal ini ialah kalium. Daun tempuyung memang memiliki kalium yang cukup tinggi. Kalium sanggup memecahkan batu ginjal dengan menyingkirkan kalsium untuk menggabungkan diri dengan senyawa karbonat dalam batu ginjal—inilah yang menyebabkan bobotnya berkurang. Dengan demikian, batu ginjal yang sudah mengecil bisa larut dan keluar besama urin.

Untuk mendapatkan khasiat daun tempuyung sebagai obat batu ginjal, Anda cukup memetik 5 lembar daun tempuyung segar. Cuci sampai bersih lalu kukus sebentar. Setelahnya, daun-daun tempuyung ini bisa dimakan sabagai lalapan bersama nasi. Anda bisa makan lalapan tempuyung sebanyak tiga kali sehari.

Daun tempuyung juga bisa dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur. Sebanyak 500 mg daun tempuyung kering dapa diseduh dengan segelas air untuk dijadikan teh herbal. Ramuan teh herbal ini sebaiknya diminum tiga kali sehari untuk membantu melarutkan batu ginjal.

Efek pengobatan herbal daun tempuyung mungkin tidak akan langsung terasa dalam waktu singkat. Sama seperti sebagian besar obat herbal, khasiat daun tempuyung baru akan terasa apabila seseorang sabar dan bertekun untuk rutin mengonsumsinya.

[https://www.deherba.com/bukti-ilmiah-berkenaan-dengan-khasiat-daun-tempuyung.html]

Cara pembuatan ramuan daun tempuyung untuk mengatasi asam urat :

  • Sebanyak 15-60 g tempuyung segar (daun dan akar) dicuci bersih
  • Direbus dengan 3 gelas air sampai air menjadi setengahnya. 
  • Setelah dingin, disaring
  • Air rebusan tadi dibagi untuk diminum sehari 2 kali.
Rp 40.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKAPSUL TEMPUYUNG Herbal Indo Utama
Harga Rp 40.000
Lihat Detail »

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474
Customer service 1