Mengenal VCO (Virgin Coconut Oil) dan Khasiatnya

Kategori Minyak VCO (Virgin Coconut Oil), Zaitun dan VCO
Di lihat 17 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474

Minyak kelapa murni (Inggrisvirgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB.

Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.

Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Pembuatan minyak kelapa murni ini memiliki banyak keunggulan, yaitu:

  • tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah
  • pengolahan yang sederhana dan tidak terlalu rumit, serta
  • penggunaan energi yang minimal, karena tidak menggunakan bahan bakar, sehingga
  • kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga terutama asam lemak dalam minyak.

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa, atau sering disebut dengan minyak goreng (minyak kelapa kopra), minyak kelapa murni mempunyai kualitas yang lebih baik. Minyak kelapa kopra akan berwarna kuning kecoklatan, berbau tidak harum, dan mudah tengik, sehingga daya simpannya tidak bertahan lama (kurang dari dua bulan). Dari segi ekonomi, minyak kelapa murni mempunyai harga jual yang lebih tinggi dibanding minyak kelapa kopra, sehingga studi pembuatan VCO perlu dikembangkan. [https://id.wikipedia.org/wiki/Minyak_kelapa]

 

 

Kandungan VCO (Virgin Coconut Oil)

Kandungan utama dalam minyak kelapa murni adalah asam laurat. Dalam tubuh, asam laurat akan diubah menjadi senyawa monolaurin, sebuah senyawa monoglycine yang dapat merusak lapisan lipid pada virus seperti HIV, hepatitis, influenza dan bakteri patogen lainnya. Asam laurat juga mampu membangun sistem kekebalan tubuh, yang ditemukan persis serupa pada air susu ibu.

Selain itu, VCO juga mengandung 6% asam kaprat. Di dalam tubuh, asam kaprat diubah menjadi monocaprine, yaitu unsur yang menurunkan resiko penyakit seksual seperti HSV-2 dan HSV-1 dan bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Selain itu, virgin coconut oil juga bisa menjadi jawaban atas masalah kehilangan berat badan karena kandungan asam laurat-nya. Tidak seperti nutrisi lain, asam laurat tidak perlu anzyme untuk melewati sel-sel tubuh kita. Pada sistem pencernaan, usus dapat menyerap tanpa proses hidrolisis. Setelah itu, pada aliran darah akan mencapai organ hati untuk proses metabolisme. Dengan cara ini, energi akan diproduksi lebih cepat, untuk diolah menjadi kalori, tanpa ditumpuk sebagai lemak.

Hal ini tidak akan terjadi pada asam lemak umum yang disebut asam lemak rantai panjang. Karena panjang, maka harus terlebih dahulu dipotong dan dibagi menjadi lipoprotein sebelum diambil oleh aliran darah ke seluruh tubuh dan masuk liver. Proses yang panjang meningkatkan kemungkinan terjadi masalah kadar lemak meningkat, dan penumpukan lemak.

Sebaliknya, asam lemak rantai sedang (asam laurat) membutuhkan proses pembakaran yang singkat. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme, serta proses kekebalan tubuh dan pemulihan tubuh. Sel-sel kita akan bekerja lebih efisien untuk menghasilkan sel-sel baru dan mampu mengganti sel-sel yang rusak.

Sebuah studi di Amerika serikat menunjukkan bahwa masyarakat yang mengkonsumsi minyak kelapa murni tidak pernah punya masalah serangan jantung atau stroke. Selain itu, kolesterol dan tekanan darah juga lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi VCO. [http://vicobagoes.com/tag/kandungan-vco/]

 

Keunggulan VCO (Virgin Coconut Oil)

beberapa keunggulan dari Virgin coconut oil :

  • Pengolahan yang sederhana dan tidak ribet
  • Tidak perlu menambahakan bahan kimai tambahan
  • Kandungan kimia dan juga nutrisi yang akan tetap terjaga dengan baik
  • Biaya produksi yang ekonomis dan tidak terlalu mahal

Virgin coconut oil yang sudah jadi dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 12 bulan atau satu tahun, sehingga tidak akan mengalami kerusakan, yang penting disimpan pada lokasi dengan suhu ruangan. 

Manfaat VCO

Virgin coconut oil sendiri ternyata memang banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. apa saja manfaat  virgin coconut oil? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  1. Bersifat antibiotik

Virgin coconut oil merupakan salah satu minyak esensial yang memiliki kandugnan antibiotik yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini membuat minyak ini dapat membantu mencegah dan memperlambat proses sintesa protein dari bakteri.

  1. Bersifat anti jamur

Virgin coconut oil juga memiliki manfaat yang baik sebagai anti jamur dan dapat membunuh jamur pada tubuh. biasanya jamur pada tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan, salah satunya adalah gangguan pada kulit yang disesbabkan oleh jamur, seperti panu dan kutu air.

  1. Bersifat anti bakteri

Virgin coconut oil dapat menjadi salah satu penangkal masuknya baktei ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan dan juga penyakit.

  1. Dapat menonaktifknan virus campak dan juga herpes

Salah satu manfaat penting lainnya dari virgin coconut oil adalah sebagai penangkal dan juga pebunuh virus di dalam tubuh. Hal ini terutama dapat membantu mengurangi penyebaran virus herpes dan juga virus campak.

  1. Dapat merangsang sistem kekebalan tubuh

Manfaat virgin coconut oil adalah baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena virgin coconut oil mampu untuk merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menjadi lebih baik lagi.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Efek langsung yang terjadi dari meningkatnya sistem kekebalan tubuh kita adalah dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh sangat penting dan diperlukan untuk membantu melancarkan pencernaan tubuh dan juga dapat membantu membakar lemak yang menumpuk di bagian tubuh kita.

Sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk peningkatan metabolisme tubuh lainnya seperti :

7. Dapat meningkatkan stamina

Virgin coconut oil juga diyakini memiliki manfaat yang sangat penting dan juga sangat baik untuk membantu meningkatkan stamina. Terutama bagi para atlet, yang membutuhkan stamina tinggi dan selalu terjaga.

  1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Virgin coconut oil juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu melancarkan dan jug amemperbaiki pencernaan anda. Cukup tambahkan Virgin coconut oil dalam makanan anda, ditambah dengan serat, maka akan membantu melancarkan pencernaan anda.

  1. Meredakan stress pada organ pankreas

Manfaat virgin coconut oil adalah sebagai salah satu minyak essensial yang dapat membantu kinerja pankreas, mengurangi beban kerja dari organ pankreas. Beban kerja pada pankreas yang berlebihan dapat menyebabkan pankreas akan berfungsi secara tidak optimal.

  1. Dapat mencegah osteoporosis

Ternyata, virgin coconut oil juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tulang anda. Virgin coconut oil dapat membantu untuk mencegah munculnya gejala osteoporosis dan juga gangguan-gangguan kesehatan ada organ tulang lainnya.

  1. Mencegah terjadinya peradangan

Virgin coconut oil merupakan salah satu minyak essensial yang dapat mencegah peradangan. Ketika anda mengalami peradangan pada organ tubuh, maka cobalah untuk mengkonsumsi minyak ini. Minyak esensial Virgin coconut oili ni mampu mengatasi peradangan yang anda alami.

  1. Mengoptimalkan penyerapan kalsium dan magnesium

Inilah yang menyebabkan Virgin coconut oilsangat baik untuk kesehatan tulang. Manfaat virgin coconut oilmampu untuk membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan juga magnesium secara optimal. Penyerapan kalsium secara optimal ini membuat kesehatan tulang menjadi terjaga dengan lebih baik.

  1. Mencegah hipertensi

Anda mengalami gejala hipertensi alias darah tinggi? kalau begitu Virgin coconut oiladalah salah satu solusi yang dapat anda gunakan untuk menurunkan tekanan darah anda menjadi normal kembali.

  1. Menangkal radikal bebas

Virgin coconut oiljuga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. dengan adanya antioksidan pada vco, maka dapat membantu menangkal radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, seperti kanker dan juga penuaan dini.

  1. Menjaga kesehatan rambut dari ketombe

Tidak hanya bagi kesehatan organ tubuh dan juga kulit, Virgin coconut oilternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut anda. Virgin coconut oildapat membantu merawat kesehatan rambut anda, dan juga mampu untuk mencega kemunculan ketombe pada kulit kepala anda.

  1. Membersihkan area kulit yang mengalami luka

Anda terjatuh dan juga terluka? Agar tidak terjadi infeksi secara berlebihan dan juga untuk mencegah luka menjadi bertambah parah, cobalah untuk mengoleskan Virgin coconut oilpada area kulit anda yang mengalmai luka. Dengan mengoleskan vco, maka akan membantu membersihkan luka dan juga mempercepat penyembuhan luka.

  1. Menghaluskan kulit

Manfaat berikutnya dari Virgin coconut oiladalah mampu untk menghaluskan kulit. Anda hanya tinggal mengoleskan Virgin coconut oilke bagian kulit anda, lalu kemudian anda akan memperoleh khasiatnya yang sangat baik utnuk menghaluskan kulit anda.

  1. Mencegah efek dari radiasi sinar UV

Masih bagi kesehatan kulit, Virgin coconut oiljuga mampu untuk melindungi tubuh dari radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, terutama pada organ kulit.

Itulah manfaat penting dari Virgin coconut oilbagi kesehatan anda semua. Semoga artikel mengenai manfaat dari Virgin coconut oi lini dapat membantu menambah wawasan anda sekalian.

[https://manfaat.co.id/manfaat-virgin-coconut-oil]

 

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474
Customer service 1