Mengenal Zaitun (Olive Oil) dan Manfaatnya

Kategori Minyak Zaitun, Zaitun dan VCO
Di lihat 33 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474

Mengenal Tanaman Zaitun

Tanaman zaitun memiliki nama ilmiah Oleaeurofea, Zaitun adalah anggota suku Oleacea. Tingginya kira-kira 3 meter, daunnya hijau terang dan buah yang masak ranum berwarna ungu kehitaman serta amat kaya dengan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi. Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun di antaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup hingga 2000 tahun. Buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan.

Seperti pokok kelapa, setiap pokok zaitun ada manfaatnya bagi manusia. Zaitun merupakan salah satu anugerah Alloh yang amat bermanfaat bagi kesehatan kita. Ini telah diakui oleh dunia pengobatan. Minyak zaitun amat jernih dan berkilau. Minyak zaitun baik untuk kesehatan manusia, karena minyak ini sangat mudah dicerna dalam tubuh manusia. Vitamin E & Omega 9 yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol LDL/ Low Density Lipoprotein (kolestrol jahat), tekanan darah, dan resiko jantung koroner. Minyak zaitun juga amat populer digunakan dalam produk kecantikan, karena bisa menguatkan akar dan melembutkan kulit.

Selama ini penduduk Timur Tengah mengandalkan zaitun sebagai sumber minyak nabati. Minyak inilah yang menciptakan rasa khas pada hidangan mereka. Jika diolah menjadi minyak, maka kandungan asam lemak yang dimilikinya antara lain asam oleat atau omega 9 (79%), asam palmitrat atau asam lemak jenuh (11%), asam linoleat atau omega 6 (7%), asam stearat (2%), dan lain-lain sebesar 1%.

Tingginya kandungan asam lemak tak jenuh khususnya asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal (asam oleat atau omega 9 dan juga asam linoleat atau omega 6) yang mencapai 65-85%, membuat minyak zaitun banyak digunakan di bidang kesehatan. Asam lemak tak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal ternyata memiliki keunggulan, yakni lebih sulit teroksidasi. Dengan sifat ini maka jika dioleskan ke kulit akan melindungi dari UV sinar matahari dan tidak akan terpicu menjadi kanker atau tumor.

 

 

Jenis Minyak Zaitun

  1.  Extra Virgin Olive Oil

Merupakan minyak zaitun paling murni dengan kadar keasidan 0.5-1%, warnanya lebih kehijau-hijauan. Yang diistilahkan dengan “Minyak Zaitun Perasan Pertama”.

  1.  Virgin Olive Oil

Kandungan asidnya sekitar 4%, berwarna hijau kekuning-kuningan.

  1.  Olive Oil

Minyak zaitun jenis ini mengandung tahap keasidan melebihi 4%, berwarna kekuning-kuningan. Biasanya digunakan untuk menumis masakan di Arab & Eropa.

 

 

Keutamaan Zaitun dalam Islam

Sungguh banyak sekali penyebutan keutamaan Zaitun di dalam Al-Qur’an & Hadits, diantaranya firman Alloh ‘Azza wa Jalla :

“…yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon Zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api…” (QS. an-Nuur  : 35).

Dan Alloh Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman :

“Dan pohon yang (tumbuh) keluar dari Tursina, yang (pohon zaitun) itu menghasilkan minyak dan menjadi kuat bagi orang-orang yang makan.” (QS. Al-Mu’minun : 20).

Dan demikian pula di dalam Hadits, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda :

“Hendaklah kalian menggunakan minyak zaitun sebagai lauk dan buatlah ia sebagai minyak oles, karena ia (minyak zaitun) berasal dari pohon yang diberkahi”. (HR. Abu Daud, disebutkan dalam Shohihul-Jami’ no 4921)

 

 

Manfaat Tanaman Zaitun

Banyak manfaat dari pohon zaitun, diantaranya kayu dari pohon zaitun sangat bagus, keras dan indah. Selain untuk dimakan, buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan. Apabila diperas buahnya, kita dapat memperoleh minyaknya, minyak ini dapat digunakan sebagai pengobatan, bumbu salad, penumis masakan, minyak kesehatan, dan belakangan banyak digunakan untuk bahan kosmetik yang dapat menjaga kelembaban dan kekencangan kulit sehingga diyakini dapat menjadikan kulit awet muda. Minyaknyapun dapat digunakan sebagai minyak rambut alami.

 

 

Manfaat Zaitun Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi minyak zaitun bisa memberikan andil melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung koroner, kenaikan kolesterol darah. Kenaikan tekanan darah, serta sakit diabetes dan obesitas, disamping itu minyak zaitun juga berkhasiat mencegah terjadinya beberapa jenis kanker.

Berikut ini kami paparkan beberapa khasiat minyak zaitun yang sanagt bermanfaat bagi manusia dengan izin Allah Ta’ala :

  1. Minyak Zaitun Mengurangi Kolesterol Berbahaya

Berbagai riset membuktikan adanya fakta yang tidak menyisakan keraguan lagi, bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.

  1. Minyak Zaitun Mengurangi Resiko Terjadinya Penyumbatan (Trombosis) dan Penebalan (Arteriosklerosis) Pembuluh Darah

Dalam sebuah kajian yang dipublikasikan pada bulan Desember tahun 1999 M di Majalah AMJ CLIN NUTRL para peneliti menyatakan bahwa nutrisi yang kaya pada kandungan minyak zaitun bisa mengurangi pengaruh negatif lemak dalam makanan terhadap terjadinya pembekuan darah dan selanjutnya mengurangi terjadinya penebalan pembuluh jantung.

  1. Minyak Zaitun Menurunkan Angka Kematian

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam majalah Lanst yang terkenal pada 20 Desmber 1999 M, menunjukkan bahwa negara paling miskin di Eropa, yaitu Albania, yang berpenduduk Muslim, memiliki keistimewaan sedikitnya angka kematian disana. Angka kematian di Albania dikalangan Pria adalah 41 orang dari setiap 100.000 orang, separoh dari keadaan di Britania. Hal itu dipengaruhi oleh konsumsi minyak zaitun dalam makanan para penduduk Albania (dengan Izin Alloh)

  1. Minyak Zaitun Mengurangi Pemakaian Obat-obatan, Penurun Tekanan Darah Tinggi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Aldovaroro di Universitas Napoli Italia dan dipublikasikan dalam majalah Archives of Internal Medicine, tanggal 27 Maret 2000 M, telah diadakan studi terhadap 32 pasien yang terkena penyakit tekanan darah tinggi dan mereka itu mengkonsumsi obat-obatan untuk darah tinggi. Hasil studi menunjukkan penurunan tekanan darah dalam kadar 7 poin di kalangan mereka yang mengkonsumsi minyak zaitun.

  1. Miyak Zaitun Mengurangi Serangan Kanker

Para peneliti menyatakan bahwa sebab menurunnya rasio kematian akibat serangan kanker di Laut Putih Tengah adalah karena makanan penduduk negeri tersebut mengandung minyak zaitun sebagai sumber utama lemak disamping mengandung sayur-sayuran, buah-buahan dan kol.

  1. Minyak Zaitun dan Kanker Payudara

Sebuah studi yang dipublikasikan di bulan November 1995 dan dilakukan terhadap 2.564 wanita yang terkena kanker payudara, menegaskan bahwa ada korelasi terbalik antara kemungkinan terjadinya kanker payudara dengan pengkonsumsian minyak zaitun, dan bahwa banyak mengkonsumsi minyak zaitun memberikan andil dalam melindungi seseorang dari serangan kanker payudara.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam majalah Archives of Internal Medicine edisi Agustus 1998 menegaskan bahwa mengkonsumsi sesendok makan minyak zaitun setiap hari bisa mengurangi bahaya terjadinya kanker payudara sampai pada kadar 45%

  1. Minyak Zaitun dan Kanker Rahim

Majalah kanker Britania mempublikasikan di bulan Mei 1996 sebuah studi dilakukan terhadap 145 wanita Yunani yang terkena kanker rahim. Para peneliti mengkorelasikan antara wanita-wanita yang terkena kanker rahim tersebut dengan wanita-wanita yang banyak mengkonsumsi minyak zaitun. Ternyata, para wanita yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih sedikit yang terkena kanker rahim. Dimana kemungkinan terjadinya kanker pada mereka turun sampai 26%.

  1. Minyak Zaitun dan Kanker Lambung

Sejumlah studi ilmiah modern menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur bisa mengurangi terjadinya kanker lambung. Tapi masih diperlukan berbagai studi ilmiah lanjutan mengenai hal ini.

  1. Minyak Zaitun dan Kanker Colon

Ada juga beberapa studi yang menunjukkan bahwa pengkonsumsian buah-buahan, sayur-sayuran dan minyak zaitun memainkan peranan penting dalam melindungi tubuh dari serangan kanker colon

  1. Minyak Zaitun dan Kanker Kulit (Melanoma)

Majalah Dertmatdogg Times edisi bulan Agustus 2000 menyebutkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa menggunakan minyak zaitun setelah renang sebagai krim kulit dan berjemur akan melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma)

  1. Miyak Zaitun Mengurangi Timbulnya Tukak Lambung

Dr. Samut dari Universitas Harvard Amerika, menyampaikan sebuah studi di Kongres Terakhir Organisasi Penyakit Sistem Pencernaan Amerika yang diadakan pada bulan Oktober 2000. Dr Samut menegaskan bahwa gizi yang terkandung dalam minyak zaitun bisa memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit tukak lambung.

  1. Minyak Zaitun Berkhasiat Seperti ASI

Dalam sebuah studi modern yang dipublikasikan di bulan Februari 1996 di Universitas Barcelona, Spanyol yang dilakukan terhadap 40 wanita yang menyusui. Diambil sampel ASI dari mereka. Para peneliti menemukan bahwa kebanyakan lemak yang terkandung di dalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal. Jenis lemak ini dikategorikan sebagai lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia dan itulah jenis lemak yang terkenal terdapat dalam minyak zaitun.

  1. Minyak Zaitun Mengurangi Peradangan Sendi

Majalah AMJ CLIN NUTR edisi November 1999 mempubilkasikan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 145 pasien pengidap sakit persendian semacam arthritis di Yunani Utara. Mereka dikorelasikan dengan 108 orang yang sehat. Dalam penelitian ini terlihat bahwa pengkonsumsian minyak zaitun bisa memberikan andil dalam melindungi tubuh dari terjadinya penyakit ini.

  1. Minyak Zaitun Membunuh Kutu Kepala

Beberapa studi yang dilakukan di beberapa Universitas dan akademi di Amerika tentang kutu kepala, menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun sebagi minyak rambut yang terkena kutu dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala.

 

 

Penelitian Para Ahli

  • Asman dari Univ.Monster-Jerman: “Memaparkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi minyak Zaitun memberikan peluang cukup besar untuk dapat melindungi diri dari serangan berbagai jenis Kanker”.
  • Archieves of Internal Medicine(Agustus 1998) : “Menegaskan bahwa kebiasaan mengkonsumsi satu sendok makan Zaitun setiap hari, dapat mengurangi terkena kanker payudara hingga 45%”.
  • MajalahAMJ CLIN NUTRL (Desember 1999) : “Para peneliti menyatakan, bahwa nutrisi yang kaya kandungan minyak zaitun bisa mengurangi pengaruh negatif lemak dalam makanan terhadap terjadinya pembekuan darah, dan selanjutnya mengurangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung”.
  • Barcelona-Spanyol (Februari 1996): “Penelitian dilakukan terhadap 40 wanita yang menyusui, diambil sampel ASI dari mereka. Para peneliti menemukan bahwa kebanyakan lemak yang terkandung didalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal. Jenis lemak ini dikategorikan sebagai lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah jenis lemak yang terkenal terdapat dalam minyak Zaitun”.
  • Aldovaroro di Univ.Napoli-Italia dan dipublikasikan MajalahArchives of Internal Medicine(27 Maret 2000) : “Telah diadakan studi terhadap 32 pasien yang terkena penyakit tekanan darah tinggi, hasil studi menunjukkan penurunan tekanan darah dalam kadar 7 poin dikalangan mereka yang mengkonsumsi minyak Zaitun”.
  • Majalah Kanker Britania (Mei 1996): “Sebuah studi yang dilakukan terhadap 145 wanita Yunani yang terkena kanker rahim. Para peneliti mengkorelasikan antara wanita-wanita yang terkena kanker rahim tersebut dengan wanita-wanita yang banyak mengkonsumsi minyak zaitun. Ternyata, para wanita yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih sedikit yang terkena kanker rahim. Dimana kemungkinan terjadinya kanker pada mereka turun sampai 26%”.
  • MajalahDertmatdogg Times (Agustus 2000) : “Sebuah studi yang menunjukkan bahwa menggunakan minyak Zaitun setelah renang sebagai krim kulit dan berjemur, akan melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma)”.

 

Ada enam belas pakar kedokteran paling tersohor di dunia berkumpul di Roma pada tanggal 21 April 1997, untuk menerbitkan beberapa pengarahan dan keputusan bersama tentang tema “Minyak Zaitun dan Nutrisi Laut Putih Tengah” : 

“Dalam pernyataan tersebut, mereka menegaskan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun bisa memberikan andil melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung koroner, kenaikan kolesterol darah, kenaikan tekanan darah, serta sakit diabetes dan obesitas, disamping minyak zaitun juga berkhasiat mencegah terjadinya beberapa jenis kanker”.

 

Rp 25.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKAPSUL ZAITUN TURSINA EXTRA VIRGIN Herbal Indo Utama
Harga Rp 25.000
Lihat Detail »
Rp 50.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangAFRA EXTRA VIRGIN MINYAK ZAITUN SPANYOL
Harga Rp 50.000
Lihat Detail »
base
Rp 80.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangZAITUN INNOLIFE OLIVE OIL VICOMAS 150 Kapsul
Harga Rp 80.000
Lihat Detail »
Rp 35.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSASSO EXTRA VIRGIN MINYAK ZAITUN ITALIA
Harga Rp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangAL-AMIR EXTRA VIRGIN MINYAK ZAITUN SPANYOL
Harga Rp 35.000
Lihat Detail »

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
7CE9AA7F
081 5665 3474
Customer service 1