Penyebab dan Pemicu Penyakit Kanker

Kategori Kanker, Myoma, Kista, Kelenjar Getah Bening, & Tumor
Di lihat 623 kali
Harga Rp (hubungi cs)
Beli Sekarang
081 5665 3474
081 5665 3474
081 5665 3474

 

          Penyebab kanker sangat bergantung dari jenis penyakit kanker yang diderita. Namun, pada umumnya penyebab kanker adalah tidak normalnya sel sehingga terjadi pertumbuhan yang di luar batas, dan sampai menyerang jaringan di sekitarnya.

           Bahkan sangat mungkin berpindah ke jaringan tubuh lainnya. Demikian penjelasan dunia kesehatan mengenai penyebab kanker. Akan tetapi, hal itu mungkin masih sulit dipahami oleh masyarakat awam. Oleh karena itu, mari kita coba dengan pemahaman yang lebih sederhana untuk memahami penyebab kanker secara mudah. Sel normal yang menjadi tua seperti sebuah barang, yang jika tak lagi diperlukan akan kita buang. Sel normal yang mati, seharusnya digantikan oleh yang baru.

           Namun dalam kasus kanker, sel yang sudah waktunya mati tersebut enggan melakukannya. Justru yang terjadi, sel terus membelah diri sehingga menjadi banyak. Ini jelas akan menyebabkan gangguan sistem dalam tubuh atau organ tertentu. Inilah yang menjadi penyebab kanker. Coba bayangkan sendiri bagaimana jadinya jika ada seratus keranjang sampah busuk ada di depan rumah. Pasti kehidupan Anda akan terganggu.

           Demikian yang terjadi pada kanker. Penyebab kanker tak lain disebabkan oleh sel-sel nakal yang sebenarnya sudah waktunya untuk “pensiun”, namun tidak mau melakukannya dan malah memperbanyak diri sehingga merusak organ dan tubuh.

           Ketidaknormalan tersebut membuat fungsi organ menjadi tidak berjalan sebagaimana mestinya dan bahaya kanker mulai muncul di sana. Itulah penyebab kanker dari kacamata medis. Asal muasal timbulnya kanker disebabkan oleh sel tidak tahu diri yang terus membelah diri padahal sudah waktunya untuk mati. Penyebab kanker tersebut bisa dipicu banyak faktor. Kalau yang ini jelas kembali ke soal jenis penyakit kanker yang sedang diderita. Contohnya, penyebab kanker payudara mungkin tidak sama dengan penyebab kanker serviks sebab terkait dengan masing-masing organ.

           Namun secara umum, penyebab kanker dapat ditimbulkan karena pola hidup yang tidak sehat, seperti :

  • Merokok yang menjadi penyebab kanker paru-paru dan kanker mulut.
  • Sinar ultraviolet matahari juga sangat berbahaya dan dapat menjadi penyebab kanker.
  • Begitupun dengan radiasi yang juga bisa menyebabkan kanker. Radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom hingga menjangkau jarak sangat jauh.
  • Perilaku seks yang tidak sehat seperti berganti-ganti pasangan bisa pula menjadi penyebab kanker
  • Virus yang dicurigai dapat menyebabkan kanker antara lain : 1) Virus Papilloma; 2) Virus Sitomegalo; 3) Virus Hepatitis B; 4) Virus Epstein – Bar; 5) Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV menyebabkan limfoma dan kanker darah lainnya.
  • Parasit Schistosoma (bilharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadinya iritasi menahun pada kandung kemih.
  • Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria.
  • Berhati-hati saat mengonsumsi makanan dan minuman mengandung bahan kimia juga sangat penting, sebab hal ini disinyalir sering menjadi penyebab kanker.
  • Minuman beralkohol dapat menjadi penyebab kanker kerongkongan. Makanan yang diasap dan diasamkan juga bisa menjadi penyebab kanker lambung.
  • Di luar faktor perilaku dan makanan, penyebab kanker juga bisa timbul karena tidak stabilnya kondisi kejiwaan seseorang. Seperti orang yang tengah mengalami stres berat, akan membuat sel dalam tubuh menjadi sangat aktif dan itu potensial menjadi penyebab kanker.
  • Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai electron bebas tidak berpasangan dilingkaran luarnya. Sumber-sumber radikal bebas yaitu : 1) Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolism; 2) Radikal bebas masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan , minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari; 3) Radikal bebas diproduksi secara berlebihan pada waktu kita makan berlebihan (berdampak pada proses metabolisme) atau bila kita dalam keadaan stress berlebihan, baik stress secara fsik, psikologis,maupun biologis.
  • Di luar itu, ada faktor keturunan yang bisa juga menjadi penyebab kanker. Orang tua yang mengidap kanker sangat mungkin menurunkan penyakit itu pada anaknya. Kanker yang disebabkan karena eneti enetic diantaranya meliputi kanker payudara, kanker kulit, dan kanker usus besar. Oleh karena itu, seyogyanya orang tua selalu menjaga kesehatan agar kelak anaknya tidak tertimpa kanker yang sangat berbahaya itu.

 

 

 

Beberapa Makanan Penyebab Kanker

           Banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk menjalankan perilaku hidup sehat seperti olahraga teratur, memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi, istirahat cukup dan sebagainya agar terhindar dari serangan berbagai macam jenis penyakit, termasuk penyakit kanker.

          Siapapun sudah mengetahui bahwa kanker merupakan jenis penyakit yang mematikan dan sulit untuk disembuhkan. Bahkan kanker merupakan penyebab kematian nomor wahid di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Untuk itu, salah satu cara yang paling tepat supaya terhindar dari penyakit yang mematikan ini adalah dengan menjaga pola makan.

           Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara makanan yang dikonsumsi seseorang dengan penyakit kanker. Beberapa jenis makanan secara langsung maupun tidak telah menjadi pemicu (trigger) munculnya penyakit kanker. Hal ini ditegaskan oleh seorang ahli kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Dr Grace Judio Kahl yang menyatakan bahwa ada banyak sekali hal yang bisa menjadi pemicu kanker, salah satunya ialah jenis makanan yang tidak sehat.

             Beberapa jenis makanan yang bisa menjadi penyebab munculnya penyakit kanker, seperti :

  • Jenis makanan yang dimasak dalam suhu yang tinggi serta menggunakan minyak secara berulangkali.
  • Misalnya gorengan, protein, daging, maupun bahan pengawet buatan yang dipanaskan dalam suhu tinggi bisa menyebabkan perubahan sel dalam tubuh menjadi lebih cepat dan akhirnya bisa menimbulkan kanker. Seorang peneliti dari Universitas Stockholm Swedia, Eden Tareke, telah menemukan bahan pemicu kanker (akrilamida) yang terdapat dalam makanan yang dipanaskan dalam suhu tinggi. Penelitian Tareke tersebut menjelaskan bahwa makanan yang kaya karbohidrat kalau digoreng maka akan terurai. Setelah terurai, kemudian bereaksi dengan asam amino dan menghasilkan sebuah senyawa karsinogenik bernama akrilamida tersebut yang diketahui sebagai pemicu kanker.
  • Minuman bersoda mengandung gula, bahan pewarna, dan bahan kimia makanan. Semuanya merupakan zat yang sangat menyuburkan sel kanker, jadi sebaiknya dihindari.
  • Pemanis buatan adalah zat kimia yang menjadi penyebab paling umum dari penyakit kanker. Selain itu, juga bisa menyebabkan bayi lahir dengan kondisi cacat.
  • Tepung terigu yang dirafinasi menjadi penyebab paling besar dari kanker payudara, bila dikonsumsi secara teratur dan dalam waktu lama, hingga 220 persen.
  • Minyak ini biasanya telah digunakan menggoreng berkali-kali. Jenis ini juga paling banyak menyebabkan kanker.
  • Makanan yang dibakar atau dipanggang dengan waktu lama hingga menjadi gosong di beberapa bagian, sebaiknya Anda hindari. Atau hilangkan bagian gosongnya, sebab itu mengandung karsinogen penyebab kanker.
  • Makanan yang mengandung kadar garam tinggi, sebaiknya dikurangi sebab ia termasuk penyebab kanker perut/pencernaan.
  • Mengonsumsi alkohol dalam waktu lama bisa meningkatkan resiko kanker mulut, esofagus, liver, dan payudara.

 

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

 

Rp 70000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHERBAMOR KANKER TUMOR Herbal Indo Utama
Harga Rp 70000
Lihat Detail »
Rp 50.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKAPSUL KELADI TIKUS Herbal Indo Utama
Harga Rp 50.000
Lihat Detail »
Rp 45.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKAPSUL DAUN SIRSAK Herbal Indo Utama
Harga Rp 45.000
Lihat Detail »
Rp 240.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangACE MAXS Jus Herbal Kulit Manggis Anti Oksidan
Harga Rp 240.000
Lihat Detail »
base
Rp 130.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDIAMOND PROPOLIS NEW ZEALAND PREMIUM REAKSI CEPAT
Harga Rp 130.000
Lihat Detail »
base
Rp 175.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBEN CA LANG KANKER DAN ANGION
Harga Rp 175.000
Lihat Detail »
Rp 63.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangALBIMOR
Harga Rp 63.000
Lihat Detail »
Rp 100.000
Order Sekarang » SMS : 081 5665 3474
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMADU HERBAL TASNIM ANKANA
Harga Rp 100.000
Lihat Detail »

Hubungi kami

081 5665 3474
081 5665 3474
081 5665 3474